Pendidikan UIN Malang

Hafal 30 Juz, Mahasiswi UIN Maliki Malang Wakili Jatim di Duta Kebudayaan Indonesia 2021

Jumat, 24 September 2021 - 15:21 | 170.16k
Mahasiswi UIN Malang Vida Rofika Miladiah yang mewakili Jatim di ajang Duta Kebudayaan Indonesia 2021. (Foto: Dok. Pribadi for TIMES Indonesia)
Mahasiswi UIN Malang Vida Rofika Miladiah yang mewakili Jatim di ajang Duta Kebudayaan Indonesia 2021. (Foto: Dok. Pribadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Vida Rofika Miladiah, mewakili Jawa Timur di ajang bergengsi Duta Kebudayaan Indonesia 2021. Perempuan yang hafal 30 Juz Al Quran ini sebelumnya tampil sebagai juara 1 di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Berkat prestasi itu lah, Vida kemudian diutus untuk menjadi perwakilan Jawa Timur untuk jenjang lebih tinggi, yakni se-Indonesia. Mahasiswi semester 7 Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir Fakultas Syariah UIN Malang ini mengikuti kategori pemudi kebudayaan.

Ia memiliki visi mulia, yakni syiar keagamaan melalui kebudayaan. Saat ini Vida sedang mengikuti program Fast Track S2 di UIN Malang. 

"Prosesnya kita online karena terhambat Covid. Pihak penyelenggara membuat kebijakan secara online dan pemilihan lebih ketat. Seleksinya administrasi, wawancara, tes wawancara kebangsaan dan kebudayaan. Ada juga skill public speaking," katanya.

Kepada TIMES Indonesia, Jumat (24/9/2021) Vida menceritakan perjuangannya hingga duduk sebagai juara satu di Jatim. Seleksi berlangsung pada Juni 2021, pengumuman Juli 2021 dan awal Agustus 2021 kemarin dia dinobatkan sebagai Duta Pemudi Kebudayaan Jawa Timur 2021.

Vida Rofika Miladiah a

Perempuan 21 tahun asal Jember ini memang menyukai public speaking. Dari hobi, berujung prestasi. Dari situ lah ia mencoba mendaftar dan mengikuti pemilihan Duta Kebudayaan 2021.

Ia mengaku bahwa memilih Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir di UIN Malang karena tidak hanya bergelut di bidang keagamaan saja. Tapi sebagai mahasiswa yang cinta agama, ia bisa menunjukkan bahwa bisa berdakwah lewat kebudayaan.

"Ada tujuan dakwah juga lewat kebudayaan karena dakwah suatu kewajiban bagi umat Islam. Khususnya bagi saya pribadi," jelasnya.

Vida banyak menghabiskan waktu mudanya di lingkungan pesantren. Ia mondok di PP Tahfizdul Quran Yasinat Jember. Hingga saat ini dia juga sedang nyantri di Malang, sembari kuliah.

Saat ini, ia tengah bersiap diri menuju tingkat nasional. Banyak persiapan yang harus dilakukan sesuai ketentuan dari pusat. "Harapannya semoga dengan doa dan dukungan semua saya bisa membawa yang terbaik untuk Jatim, dan Indonesia," ungkapnya.

"Jika saya terpilih, saya ingin menjembatani pemuda agar mereka tidak lupa akan budayanya. Sekarang itu banyak pemuda yang minim pengetahuan tentang kebudayaan," pungkasnya.

Vida Rofika Miladiah mahasiswa UIN Maliki Malang yang mewakili Jatim ini akan maju pada Grand Final Duta Kebudayaan Indonesia 2021 di Jambi pada 17 Oktober 2021. Sedangkan masa karantina dimulai 10-17 Oktober 2021. Penyelenggara kegiatan ini adalah Yayasan Arunika Cipta Abadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES