Peristiwa Daerah

Pesan Ketua DPRD Bangkalan di HTN 2021: Generasi Milenial Jangan Malu Jadi Petani

Jumat, 24 September 2021 - 13:20 | 25.96k
Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad. (FOTO: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)
Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad. (FOTO: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Di Hari Tani Nasional 2021 (HTN 2021), Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad atau Ra Fahad menyampaikan pesan kepada generasi milenial atau kalangan muda agar tidak malu menjadi petani.

"Jangan gengsi menjadi petani, karena bertani merupakan pekerjaan mulia dan memiliki potensi yang bagus ke depan," ucap politikus Gerindra itu, Jumat (24/9/2021)

Ra Fahad meyakini petani dengan kemampuan dan wawasan tentang pertanian yang baik akan mendukung terwujudnya cita-cita kedaulatan pangan di dalam negeri.

"Saat ini perlu sekali regenerasi profesi petani. Apalagi, petani memiliki peranan penting sebagai tulang punggung ketahanan pangan Indonesia," ujarnya.

Menurut Ra Fahad, anak muda harus membuat rencana jangka panjang yang jelas sebagai modal dasar dalam melangkah, sehingga petani muda tidak bisa berdiam diri tanpa memikirkan inovasi.

"Pertanian sekarang sudah didukung peralatan modern dan canggih bukan seperti dulu yang masih serba tradisional. Jadi peluang untuk sukses di pertanian sangat terbuka," paparnya.

Ra Fahad juga mendorong kaum milenial di Kabupaten Bangkalan supaya mengembangkan pertanian berkelanjutan lewat pendekatan ekowisata sehingga pertanian menjadi bagian dari ekowisata.

Hal itu, lanjut dia, tentunya butuh kreasi dan inovasi dari kaum milenial. Banyak jenis dan macam pertanian yang bisa dijadikan garapan.

"Kalau anak muda enggan bertani, pengalihan fungsi lahan yang mulai ditinggalkan akan terus bertambah karena semakin sedikit pemuda yang bekerja sebagai petani," tegas Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES