Peristiwa Daerah

Gunung Raung Kembali Keluarkan Asap Putih dari Kawah

Jumat, 24 September 2021 - 09:40 | 69.17k
Asap putih Gunung Api Raung terlihat muncul dari atas kawah (Foto : PPGA Raung for TIMESIndonesia)
Asap putih Gunung Api Raung terlihat muncul dari atas kawah (Foto : PPGA Raung for TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIGunung Raung kembali mengeluarkan asap putih dari dalam kawah, pada Jumat (24/9/2021) pagi.

"Visual Raung pada 24/9/2021 Pukul 04.56 Wib, teramati asap putih sedang dengan tinggi 50 meter," kata Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea kepada TIMESIndonesia.

Asap putih tersebut terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Burhan menjelaskan, asap putih yang keluar dari dalam gunung setinggi 3332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, kata Burhan, akibat adanya reaksi gas dengan air yang berada di dalam kawah Gunung Raung.

"Iya, asap putih reaksi gas dengan air," ungkapnya.

Kondisi tersebut, kata Burhan terjadi sudah beberapa kali sejak penurunan status Gunung Raung dari level II waspada ke level I normal pada Agustus 2021 lalu.

Perubahan status tersebut dikeluarkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM RI melalui laporan elektronik dengan nomor 268.Lap/GL.03/BGV/2021 tertanggal 9 Agustus 2021.

"Sudah beberapa kali, hanya saja tidak terlihat kalau pas gunung berkabut atau asap tidak mencapai di atas kaldera," terangnya.

Gunung Raung dengan ketinggian 3332 mdpl ini terletak di tiga perbatasan Kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Kabupaten Jember, Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES