Pemerintahan

Jadi Narasumber di Forum Inspirasi Kecamatan Jawa Timur, Bupati Pacitan Kenalkan Program LABKD

Kamis, 23 September 2021 - 22:38 | 48.41k
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat jadi narasumber di inspirasi Kecamatan Provinsi Jawa Timur 2021 (FOTO: Dok. Humas Pemkab Pacitan)
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat jadi narasumber di inspirasi Kecamatan Provinsi Jawa Timur 2021 (FOTO: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Jadi narasumber dalam acara Forum Inspirasi Kecamatan Provinsi Jawa Timur 2021, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji Kenalkan program LABKD (Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa).

Pria keponakan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menjelaskan lahirnya program tersebut disebabkan merasa kasihan kepada masyarakat yang rumahnya jauh di pegunungan, ratusan kilo meter terpaksa turun gunung hanya untuk mengurus Adminduk.

Nur-Bayuaji-2.jpgBupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji terangkan program LABKD (FOTO: Dok Humas Pemkab. Pacitan)

“Kasihan kalau masyarakat yang jauh kita paksa untuk mempunyai identitas tetapi dari pemerintah daerah sendiripun tidak melakukan sesuatu hal untuk mendekatkan pelayanan” kata, Bupati Aji, Kamis (23/9/2021).

Layanan tersebut merupakan fasilitas layanan administrasi kependudukan dengan melibatkan kewenangan Pemerintah Desa langsung. Dengan program LABKD warga tak perlu lagi melakukan pengurusan adminduk ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, cukup di Pemdes saja.

Nur-Bayuaji-3.jpgBupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji nomor dua dari kanan pakai baju batik hitam saat memegang penghargaan dari Gubernur Jawa Timur  (FOTO: Dok Humas Pemkab. Pacitan)

Lanjut Bupati mengatakan, jangan sampai pelayanan administrasi kependudukan menjadi beban masyarakat. Melainkan menjadi tanggung jawab Pemerintah khususnya Pemerintah Daerah. Maka, dengan memanfaatkan LABKD Pemerintah telah mewujudkan pelayanan yang mudah, murah, cepat dan terintegrasi.

“Dengan LABKD ini mengurus adminduk akan lebih cepat mudah, kalau sudah cepat dan mudah tentunya pasti murah dan aman karena terintegrasi dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil di kabupaten,” imbuhnya.

Bupati Pacitan berharap, dengan mendekatkan pelayanan adminduk ke masyarakat akan tercipta data yang akurat. Satu data yang tepat akan melahirkan kebijakan yang tepat pula. Atas capaian tersebut Kabupaten Pacitan mendapatkan penghargaan sebagai apresiasi atas kerjasamanya dengan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES