Peristiwa Daerah

Dewan Minta Pengkajian Soal Perubahan Nama Kabupaten Malang Jadi Kabupaten Kepanjen

Kamis, 23 September 2021 - 19:14 | 50.85k
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang Sodikul Amin. (foto: dok TIMES Indonesia)
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang Sodikul Amin. (foto: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Wacana perubahan nama wilayah Kabupaten Malang menjadi Kabupaten Kepanjen yang dilontarkan Bupati Malang Abah Sanusi ditanggapi dewan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang Sodikul Amin meminta agar hal tersebut dikaji terlebih dahulu. Mengingat untuk perubahan nama harus mendapatkan masukan dari berbagai pihak.

"Penamaan suatu wilayah harus melalui kajian. Aspek sosiologisnya, historisnya ini harus menjadi pondasi sebelum kita mengambil keputusan apalagi nanti mengganti nama sebuah wilayah," kata Politisi NasDem tersebut.

Abah-Sanusi-10.jpgBupati Malang Abah Sanusi ketika melontarkan wacana perubahan nama Kabupaten Malang jadi Kabupaten Kepanjen. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

Menurutnya, sah-sah saja apabila Bupati Malang Abah Sanusi melontarkan wacana untuk mengganti nama Kabupaten Malang menjadi Kabupaten Kepanjen.

"Jadi, pada prinsipnya kalau berwacana saya pikir itu tidak ada masalah. Sepanjang itu benar-benar melalui sebuah proses kajian," tegasnya. 

Dan yang paling penting kata dia harus mengikutsertakan semua unsur yang ada di Kabupaten Malang. Karena harus mengetahui respons dari semua elemen masyarakat tersebut.

"Baik itu akademisi, tokoh masyarakat, tokoh budaya, orang yang mengerti sejarah yang ini tentu harus dilibatkan," terangnya. Dia yang juga sebagai bagian masyarakat Kabupaten Malang menyikapi ini tidak ada persoalan.

"Yang seharusnya saat ini harus berkonsentrasi dengan program-program kita dalam hal penanganan Covid-19 agar Segera selesai dan pemulihan ekonomi masyarakat bisa pulih kembali," bebernya gamblang.

Menurutnya wacana perubahan nama Kabupaten Malang ke Kabupaten Kepanjen masih belum detail. "Wacana ini belum pernah didiskusikan. Jadi, arahnya seperti apa kita belum tahu," ungkapnya.

Namun, dia berharap nama Kabupaten Malang tidak berubah ke Kabupaten Kepanjen karena Kabupaten Malang memilki histori sangat tinggi, karena embrionya Kota Malang dan Kota Batu berasal dari Kabupaten Malang. (*)


 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES