Peristiwa Daerah

Rumah Warga Ludes Terbakar, Bupati Bondowo Siap Bangun RTLH

Kamis, 23 September 2021 - 17:16 | 20.62k
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat memberikan bantuan pada salah seorang warga korban kebakaran di Desa Lumutan Kecamatan Botolinggo (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat memberikan bantuan pada salah seorang warga korban kebakaran di Desa Lumutan Kecamatan Botolinggo (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOBupati Bondowoso, Salwa Arifin pada Kamis (23/9/2021) memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran di Dusun Kelampok, Desa Lumutan 2, Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso.

Rumah warga tersebut rata dengan tanah karena hangus dilalap si jago merah pada Rabu (22/9/2021). Rumah tersebut dihuni oleh sepasang keluarga dan salah orang anaknya bernama Ahmad Kacong.

Ahmad Kacong menceritakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Saat ibu dan bapaknya tidak ada di rumah. "Kebakaran diperkirakan terjadi karena korsleting listrik. Kabel yang kebakar pertama, karena apinya dari tengah langsung membesar," katanya. 

Rumah yang terbuat dari kayu dan bambu itu menyebabkan api cepat menjalar. Beruntung warga sekitar sigap bahu membahu turut memadamkan api dalam waktu sekitar 30 menit. "Sehingga tak sampai menjalar ke rumah-rumah lainnya. Karena kebetulan berdempetan dengan rumah keluarga," jelasnya.

Menurutnya, kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp 52 juta. Berbagai barang berharga pun hangus tak ada yang diselamatkan.  "Termasuk di antaranya padi, mesin air dan beberapa barang lainnya. Alhamdulillah ternak bisa diselamatkan," imbuhnya.

Atas kejadian itu, Bupati Salwa Arifin memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran tersebut, Kamis (23/9/2021).  Bupati Salwa Arifin berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat dan meringankan beban keluarga korban. 

Selain itu, pihaknya mengingatkan agar bencana ini menjadi pelajaran bersama. Yakni dengan meningkatkan kewaspadaan.  "Kita harus hati-hati, terutama bagi masyarakat yang bakar-bakar sampah dan lainnya," imbauanya. 

Pihaknya memaparkan, juga akan memberikan bantuan untuk pembangunan rumah melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim). "Juga bantuan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) itu," paparnya. 

Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Heru Sucahyono, berkomitmen untuk membangun rumah korban.  Pihaknya akan membangun rumah korban kebakaran melalui program rumah akibat bencana. 

"Setara RTLH dengan nilai Rp 17,5 juta. Diperkirakan pembangunan akan dilakukan sekitar satu hingga dua bulan ke depan," paparnya.

Pada kesempatan itu, bantuan yang diberikan berasal dari BPBD Bondowoso, Dinas Sosial, Bank Jatim, Bagian Kesra Pemkab, serta Dinas Perkim. Bantuan yang diberikan berupa Sembako, beberapa perabotan rumah tangga, dan bantuan uang. 

Selain memberikan bantuan kepada warga Desa Lumutan, Bupati Bondowoso Salwa Arifin juga memberikan bantuan pada salah seorang warga Desa Walidono Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso yang juga menjadi korban kebakaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES