Peristiwa Nasional

Resmikan Aplikasi PPI Dunia, Sandiaga Uno: Gunakan untuk Kemaslahatan Bangsa

Kamis, 23 September 2021 - 13:13 | 71.05k
 Menparekraf RI Sandiaga Uno saat Peluncuran dan peresmian Aplikasi PPI Dunia secara daring, Rabu, 22 September 2021 (Foto: Dok. PPI Dunia)
Menparekraf RI Sandiaga Uno saat Peluncuran dan peresmian Aplikasi PPI Dunia secara daring, Rabu, 22 September 2021 (Foto: Dok. PPI Dunia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) se-Dunia meluncurkan platform Aplikasi PPI Dunia. Peluncuran dan peresmian dilakukan Menparekraf RI Sandiaga Uno secara daring, Rabu, 22 September 2021.

PPI Dunia merupakan organisasi mahasiswa dan pelajar Indonesia yang belajar di luar negeri. Saat ini PPI sudah ada di 60 negara. Sebagai komunitas terbesar pelajar Indonesia di dunia, mereka berinovasi melakukan terobosan digitalisasi organisasi melalui digital community.

Koordinator PPI Dunia 2021-2022 Faruq Ibnul Haqi menyampaikan, aplikasi ini dibuat untuk membantu menyosialisasikan kegiatan PPI Dunia yang tersebar di 60 PPI negara sedunia. Juga memberikan perlindungan bagi pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri. 

=Sandiaga-Uno918a5e51d80313e5.jpg

"Pengembangan aplikasi PPI Dunia merupakan salah satu bentuk wujud nyata kolaborasi sinergi PPI Dunia dengan salah satu unsur Pentahelix dengan PT Omega Education Group sebagai unsur industri atau bisnis," ucap Faruq.

Sandiaga Uno a

Dalam peluncuran itu Menteri Sandiaga Uno mengharapkan bahwa penggunaan aplikasi ini bukan hanya untuk otomatisasi bisnis. Tetapi dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan bangsa sekaligus sebagai sarana peningkatan database pelajar Indonesia sedunia. 

Di sisi lain, pengembang aplikasi juga diharapkan dapat meningkatkan perlindungan data pribadi dari data breach ataupun serangan cybersecurity. 

“Pemerintah tentunya harus berperan untuk menghadirkan kebijakan dan regulasi yang mendukung untuk penguatan ekosistem aplikasi digital dan ekonomi kreatif,” harap Sandi.

Sandiaga Uno b

Acara ini turut dihadiri oleh Daniel Tumpal S. Simanjuntak (sekretaris Tim Percepatan Pemulihan Ekonomi RI), Rizvian Ritheli Riundo Sinaga (Chief Technology Officer PT Omega Education Group), dan Koordinator PPI Dunia periode 2020-2021 Choirul Anam. 

Dalam paparannya, Daniel menyampaikan ucapan selamat atas terobosan aplikasi PPI Dunia. Ia berharap aplikasi PPI Dunia nantinya dapat terkoneksi dengan aplikasi yang ada di Kemlu. Yakni, Safe Travel khususnya untuk perlindungan WNI di luar negeri. 

Saat ini fitur-fitur yang tersedia di aplikasi PPI Dunia meliputi Forum, News & Update, Event, University Information dan Panic Button yang dapat digunakan pelajar dalam keadaan darurat.

Launching-Aplikasi-PPI-DUnia.jpg

Menurut CTO PT Omega, ke depannya, aplikasi ini akan dilengkapi dengan fitur e-Transfer, Recruitment, e-Learning, e-Commerce, dan Student Loan untuk membantu mahasiswa yang ingin kuliah ke luar negeri tetapi terkendala secara finansial. Untuk menggunakan aplikasi PPI Dunia, pengguna dapat langsung mengunduh di App Store dan Play Store (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES