Gaya Hidup

Awas, 9 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Anda Tak Produktif di Kantor

Kamis, 23 September 2021 - 06:12 | 35.33k
Awas, 9 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Anda Tak Produktif di Kantor
Ilustrasi stres (FOTO: iStockphoto/hobo_018)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orang tentu ingin menjadi lebih produktif di kantor. Tetapi pekerjaan yang terlalu banyak seringkali membuat kita susah fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Hal ini terbukti dengan hasil survei yang dikeluarkan Cornerstone On Demand, sebuah lembaga studi di Amerika Serikat, yang mengungkapkan bahwa 61 persen pekerja menyalahkan pekerjaan yang terlalu banyak telah menghambat mereka untuk menyelesaikan pekerjaannya di kantor.

Selain pekerjaan yang banyak, faktor-faktor eksternal seperti terlalu banyak e-mail yang masuk, ataupun rekan kerja yang terlalu mengganggu juga dapat mengganggu produktivitas Anda di kantor.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada faktor lain yang juga dapat berdampak negatif pada produktivitas di kantor. Hal itu ialah kebiasaan buruk diri sendiri.

Dari kebiasaan berselancar internet, hingga terus-menerus mengecek sosial media, kebiasaan yang Anda anggap sepele tersebut ternyata dapat menjadi musuh utama yang dapat terus-menerus mengganggu pekerjaan yang seharusnya diselesaikan.

Lantas, kebiasaan buruk apa apa saja yang seharusnya dikurangi demi mencapai produktivitas yang maksimal? Mengutip dari berbagai sumber, Liputan6.com telah merangkumnya sebagai berikut:

1. Multitasking

Kalau Anda berpikir Anda mampu mengerjakan berbagai pekerjaan dalam satu waktu, maka Anda telah salah besar. Hasil survei yang dikeluarkan oleh Inc. Magazine mengemukakan bahwa apabila Anda mencoba untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, hal tersebut justru akan menurunkan produktivitas Anda hingga 40 persen.

Kebiasaan-Buruk-di-Kantor-A.jpgCoba simak lebih lanjut mengapa multitasking tidak disarankan.

Misalnya, apabila Anda menulis e-mail sembari rapat, Anda justru tidak memberikan fokus penuh terhadap kedua hal tersebut. Bisa saja Anda mengirim e-mail yang di dalamnya masih terdapat error ataupun Anda tidak benar-benar memperhatikan rapat yang sedang berlangsung.

Contoh lainnya, makan di meja kerja dianggap dapat mengefisiensi waktu dalam menuntaskan berbagai pekerjaan. Namun Anda justru telah salah. Faktanya, makan di meja kerja akan menguras fokus dan waktu Anda. Terlebih lagi, potensi makanan tumpah juga dapat mengganggu konsentrasi kerja Anda. Selain itu, makan di meja kerja membuat Anda lebih lahap dan berpotensi gemuk.

Tidak ada yang dapat diunggulkan, Anda memang harus memilih salah satu.

2. Keterlambatan terus-menerus

Terlambat memang menjadi sesuatu yang sering terjadi ketika bekerja. Bahkan ketika Anda sudah berusaha untuk datang tepat waktu, seringkali ada saja rekan kerja hingga bos Anda yang tidak tepat waktu.

Keterlambatan yang terus-menerus terjadi sangat dapat menurunkan produktivitas Anda ketika bekerja, bahkan keterlambatan yang disebabkan oleh rekan kerja juga dapat berpengaruh pada Anda.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa 80 persen CEO seringkali terlambat ketika datang rapat dan hal ini mengakibatkan kerugian mencapai USD 90 miliar dalam setahun.

3. Kurang Tidur
Apabila Anda berpikir bahwa waktu istirahat 4-5 jam setiap harinya merupakan waktu yang normal bagi Anda, maka Anda telah salah besar.

Seperti yang dikutip dari Financial Times, sebuah studi yang dilakukan pada 2015 kepada 21 ribu pekerja di Inggris menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap harinya memiliki produktivitas yang lebih kurang dibandingkan dengan mereka yang tidur 7-8 jam setiap harinya.

Kurang-Tidur.jpgMenguap tanda otak membutuhkan lebih banyak oksigen, benarkah? (iStockphoto)

Beberapa orang sering mengasosiasikan tidur yang kurang dengan banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan. Namun ternyata, produktivitas Anda pun semakin berkurang dengan kurangnya waktu tidur Anda.

4. Mengecek e-mail terus-menerus
Jika Anda seperti kebanyakan orang lain, mengecek e-mail hingga lebih dari 5 kali dalam sejam, artinya Anda sudah berlebihan. Apalagi, jika Anda mengecek e-mail setiap kali handphone berdering.

Cobalah mensiasatinya dengan fokus pada pekerjaan penting dalam 30-45 menit dan baru mengeceke-mail. Selama Anda terus-terusan mengecek e-mail, Anda tak akan pernah bisa fokus pada pekerjaan lain yang lebih penting.

5. Sering mengikuti rapat
Rapat di kantor ternyata dapat menguras banyak waktu Anda dan hanya sedikit hal penting yang dibicarakan di dalamnya. Sebuah penelitian membuktikan, setiap minggu, para karyawan kehilangan banyak jam kerjanya hanya karena harus mengikuti rapat.

Bekerja-di-Kantor.jpgIlustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

6. Terus-menerus melihat handphone
Tidak mampu untuk jauh dari handphone akan membuat Anda sulit untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Survei yang dilakukan oleh CareerBuilder menunjukkan, 52 persen pekerja mengakui bahwa handphone merupakan distraksi terbesar yang sering sekali mengganggu produktivitas di kantor.

Bahkan, jika Anda sudah mencoba untuk tidak memperdulikan handphone Anda, hal tersebut tetap saja dapat membuat Anda kehilangan fokus.

Penelitian yang dilakukan oleh Florida State University menunjukkan, notifikasi handphone yang berbunyi dapat menurunkan performa pekerjaan yang sedang dilakukan oleh seseorang.

Bahkan jika mereka tidak mencoba untuk melihatnya. Oleh karena itu, mematikan notifikasi handphonemerupakan hal yang dapat Anda coba agar tetap dapat produktif ketika bekerja.

7. Konsumsi terlalu banyak junk food
Kebanyakan orang membeli makan via drive-thru ataupun mesin penjual otomatis. Hal ini memang terlihat lebih efisien dibandingkan harus meluangkan waktu demi memakan makanan yang lebih sehat. Akan tetapi ternyata, memakan junk food akan membuat produktivitas Anda justru semakin berkurang.

Orang yang memakan buah dan sayuran sepanjang hari akan merasa lebih bahagia dan kreatif, sesuai dengan jurnal yang diterbitkan oleh British Journal of Health Psychology. Sebaliknya, apabila Anda memakan junk food, soda atau kue-kue dengan kadar gula yang tinggi justru akan memberikan suntikan energi sesaat saja.

Junk-Food-Bisa-Timbulkan-Jerawat.jpgJunk Food Bisa Timbulkan Jerawat?

Agar tetap fokus pada pekerjaan Anda, cobalah untuk memakan makanan yang sehat. Makanan seperti telur, yoghurt, blueberry, ataupun almond baik untuk mempertahankan produktivitas Anda selama bekerja.

8. Minum kopi terlalu banyak

Apa Anda suka mengonsumsi kopi? Kopi sering dianggap mampu memberikan tambahan tenaga, namun nyatanya, kafein yang ada pada kopi justru tidak memberikan Anda tambahan energi.

Kafein hanya memicu semangat sesaat dan tidak membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja di kantor. Artinya, ada baiknya Anda menghindari meminum kopi terlalu banyak di pagi hari dan konsumsi makanan bernustrisi.

9. Kerja hingga larut malam
Tahukah Anda, setelah pukul 5 sore, produktivitas seseorang telah menurun. Oleh karenanya, Anda tak disarankan untuk bekerja di malam hari meskipun memiliki waktu. Anda justru disarankan untuk menghibur diri sendiri dibandingkan bekerja.

Sering-Lembur.jpgJangan sampai kamu begini karena sering lembur ya! (Sumber Foto: SheKnows.com)

Jika Anda bekerja larut malam selama berjam-jam, Anda hanya akan merasa lelah dan kehilangan banyak waktu produktif untuk bekerja di siang harinya. Anda disarankan untuk bekerja hingga larut malam jika memang benar-benar harus melakukannya.



Sumber : Liputan6
Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • MR.DIY Indonesia Buka Toko ke-300 di Medan 
    MR.DIY Indonesia Buka Toko ke-300 di Medan 
    28/10/2021 - 05:36
  • Ingin Anak Tidur Nyenyak? Ajak Anak Berkegiatan di Alam Terbuka
    Ingin Anak Tidur Nyenyak? Ajak Anak Berkegiatan di Alam Terbuka
    28/10/2021 - 04:31
  • Sering Bad Mood? Ini Enam Alasannya
    Sering Bad Mood? Ini Enam Alasannya
    28/10/2021 - 03:22
  • Mengenal Lebih Dekat Miss Teenager Jatim, Hellua Mukty Marisa Gaspersz
    Mengenal Lebih Dekat Miss Teenager Jatim, Hellua Mukty Marisa Gaspersz
    28/10/2021 - 02:28
  • Pensiun Nge-game Sementara, Rainaldy Lagha Pilih Fokus Usaha
    Pensiun Nge-game Sementara, Rainaldy Lagha Pilih Fokus Usaha
    28/10/2021 - 01:33

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Kebebasan Bukan untuk Penghinaan
    Kebebasan Bukan untuk Penghinaan
    27/10/2021 - 14:32
  • Model Pendidikan Dakwah di Kalangan Jamaah Tablig Pondok Pesantren
    Model Pendidikan Dakwah di Kalangan Jamaah Tablig Pondok Pesantren
    27/10/2021 - 11:18
  • BEM UI, Isu Lingkungan, dan Media
    BEM UI, Isu Lingkungan, dan Media
    26/10/2021 - 18:46
  • Membangun Kesadaran Atas Kekerasan Berbasis Gender Terhadap Perempuan
    Membangun Kesadaran Atas Kekerasan Berbasis Gender Terhadap Perempuan
    26/10/2021 - 00:27
  • Teladan Nabi, Moderasi Beragama dan Islam Kita
    Teladan Nabi, Moderasi Beragama dan Islam Kita
    25/10/2021 - 16:00
  • Memuliakan Guru Honorer
    Memuliakan Guru Honorer
    25/10/2021 - 15:00
  • Kapan Pandemi Berakhir
    Kapan Pandemi Berakhir
    23/10/2021 - 17:33
  • Santri di Era Revolusi Masyarakat 5.0
    Santri di Era Revolusi Masyarakat 5.0
    23/10/2021 - 13:13

KULINER

  • Ini Alasan Pepaya Dijuluki Malaikatnya Buah
    Ini Alasan Pepaya Dijuluki Malaikatnya Buah
    25/10/2021 - 13:09
  • Tak Sampai Rp20 Ribu, Lezatnya Domba Bakar Madu di Malang
    Tak Sampai Rp20 Ribu, Lezatnya Domba Bakar Madu di Malang
    25/10/2021 - 04:08
  • 135 Orang Ikuti Pelantikan PCNU Ciamis Masa Khidmat 2021-2026
    135 Orang Ikuti Pelantikan PCNU Ciamis Masa Khidmat 2021-2026
    24/10/2021 - 22:02
  • 5 Kuliner Korea yang Hits di Indonesia
    5 Kuliner Korea yang Hits di Indonesia
    23/10/2021 - 12:00
  • Sate Layah, Sate Ayam Hidden Gem dengan Saus Kacang Melelehkan Hati
    Sate Layah, Sate Ayam Hidden Gem dengan Saus Kacang Melelehkan Hati
    23/10/2021 - 06:51