Olahraga

Cari Bibit Unggul, Dispora Surabaya Buka Diklat Sepak Bola

Rabu, 22 September 2021 - 23:22 | 63.43k
Diklat sepak bola yang diadakan Dispora Surabaya sebelum masa pandemi Covid-19. (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)
Diklat sepak bola yang diadakan Dispora Surabaya sebelum masa pandemi Covid-19. (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kota Surabaya memang dikenal sebagai pabriknya bibit unggul sepak bola nasional. Sebut saja nama-nama seperti Andik Vermansyah, Evan Dimas, Supriadi, dan lain-lain. Di tahun ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga atau Dispora Surabaya membuka pendaftaran diklat pendidikan sepak bola.

Langkah ini menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional. Nantinya anak-anak terpilih hasil didikan diklat akan dibina lebih lanjut untuk mengikuti ajang Pekan Olahraga Antar Provinsi (Porprov) atau antar kota.

Kepala Bidang Pembinaan Olahraga, Dispora Kota Surabaya, Arief Setya Purwanto menyebut pendaftaran diklat sepak bola ini sudah dibuka sejak tanggal 20 - 24 September 2021. Peserta dikhususkan bagi pelajar di tingkat SMP.

Teknis pendaftarannya dilakukan melalui sekolah. Setiap lembaga pendidikan berhak mendaftarkan maksimal empat peserta. Dengan rentan usia 13 - 15 tahun dan merupakan warga asli Kota Pahlawan yang dibuktikan dengan KK (Kartu Keluarga).

"Nanti akan dikoordinir langsung oleh guru olahraga di sekolah masing-masing dengan cara mengisi formulir di laman https://dispora.surabaya.go.id/olahraga/kegiatan/diklat-sepak-bola," jelasnya.

Arief melanjutkan, dari total siswa yang mendaftar akan dilakukan seleksi dan diambil 75 peserta terbaik. Rencananya, diklat bersama ASKOT (Asosiasi PSSI Kota Surabaya) dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Surabaya ini akan dimulai tanggal 1 atau 8 Oktober 2021.

"Harapan kita muncul bibit-bibit sepak bola dari kota Surabaya yang bisa berlaga di Timnas dan sebagainya. Mungkin bisa mengikuti kejuaraan-kejuaraan," harapnya.

Selain diklat sepak bola, Dispora Surabaya juga berencana melakukan pembinaan bagi cabang olahraga lain seperti bulu tangkis, bola voli, dan basket. "Jadi kami memang siapkan arek-arek Suroboyo, kalau nanti ada Porprov dan PON (Pekan Olahraga Nasional) itu kami masukkan dari sana. Dengan harapan Surabaya sebagai kota olahraga tetap terjaga," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES