Pendidikan

Plh Bupati Banjarnegara Ajak Manfaatkan Medsos untuk Bela Negara

Rabu, 22 September 2021 - 21:45 | 33.71k
H Syamsudin, saat membuka kegiatan Pembinaan Bela Negara di Sanggar Pramuka Kwarcab Banjarnegara. (FOTO : Kominfo for TIMES Indonesia)
H Syamsudin, saat membuka kegiatan Pembinaan Bela Negara di Sanggar Pramuka Kwarcab Banjarnegara. (FOTO : Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAPlh Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, H Syamsudin mengajak generasi muda untuk memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai sarana bela negara.

"Memerangi berita bohong serta menolak paham atau ajaran yang bertentangan dengan Pancasila di media sosial merupakan salah satu upaya untuk bela negara," katanya saat membuka kegiatan Pembinaan Bela Negara di Sanggar Pramuka Kwarcab Banjarnegara, Rabu (22/9/2021).

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 30 anggota Pramuka dengan narasumber dari Pasiter Kodim 0704/Banjarnegara, Kapten Inf Sugiyono.

Pramuka0131ad2573c31c77.jpg

Lebih lanjut, H Syamsudin menegaskan, untuk memerangi berita bohong tersebut perlu dibangun kemampuan literasi digital yang baik agar mampu bermedia sosial dengan bijak dan tidak terbawa arus negatif dari perkembangan teknologi informasi.

Literasi digital yang dilakukan tidak hanya meningkatkan kemampuan menggunakan perangkat teknologi informasi saja, tetapi juga kemampuan bersosialisasi, belajar dan memiliki sikap kritis, kreatif serta insipiratif berdasarkan nilai-nilai bela negara.

Syamsudin juga menyampaikan, peningkatan literasi digital penting agar generasi muda bisa memanfaatkan medsos secara baik dan bijak. Terlebih perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat dan canggih. Sehingga bentuk ancaman dan gangguan untuk memcah belah persatuan kesatuan semakin kompleks. Untuk mengantisipasinya diperlukan kebulatan tekad dalam mengimplementasikan bela negara.

Syamsudin-9.jpg

"Dalam menjaga persatuan dan kesatuan diperlukan penanaman kesadaran bela negara pada generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa," katanya lagi.

Dalam kesempatan ini, Syamsudin berharap Gerakan Pramuka sebagai salah satu wadah bagi generasi muda harus bisa menjadi teladan dalam implementasi bela negara. Dia juga masih meyakini Pramuka menjadi jawaban untuk mengatasi permasalahan generasi muda.

Sementara Kepala Bakesbagpol Banjarnegara, Teguh Handoko mengatakan kegiatan Pembinaan Bela Negara bertujuan untuk membangun kesadaran. Khususnya bagi generasi muda agar dapat diaplikasikan pada pribadi masing-masing dan lingkungannya.

"Harapannya, dapat tecipta karakter bela negara di generasi muda sebagai kekuatan nasional untuk mengatasi berbagai ancaman yang dapat memecah belah bangsa," imbuh Kepala Bakesbagpol Banjarnegara, Teguh Handoko. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES