Pendidikan

Wujudkan MBKM, UIN Maliki Malang Kirim dan Terima Ratusan Mahasiswa Lintas Kampus

Rabu, 22 September 2021 - 20:50 | 82.97k
Program MBKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (FOTO: Dok. Humas UIN Malang for TIMES Indonesia)
Program MBKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (FOTO: Dok. Humas UIN Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) mulai membuka dan menerima secara resmi peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pembukaan dan penerimaan secara resmi peserta MBKM dilakukan secara daring pada Rabu (22/9/2021).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Umi Sumbulah, M.Ag dan dihadiri juga oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Dr. Isroqunnajah, MA.

Selain itu, pembukaan juga dihadiri oleh Kabiro Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Barnoto, Dekan FMIPA Universitas Jember, Dekan FST UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dekan FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dekan FST UIN Sultan Maulana Hasunuddin Banten, dan Wakil Dekan Bidang Akademik FST UIN Ar-Raniry Aceh.

Dalam sambutannya Prof Umi Sumbulah menyampaikan bahwa program MBKM merupakan program yang menyatukan mahasiswa PT di seluruh tanah air dan  secara resmi juga menjadi bagian dari PT dalam program MBKM dan terdata secara resmi dalam Pankalan Data (PD) Dikti.

Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Isroqunnajah menambahkan bahwa mahasiswa program MBKM dapat memanfaatkan program ini sebagai silaturahmi akademik yang bisa menambah relasi, teman dan merasakan budaya akademik dan sistem belajar dari berbagai PT yang ada di Indonesia.

Program MBKM ini merupakan tindak lanjut dari keputusan Dirjen Pendis nomor 7290 tahun 2020 tentang panduan implementasi merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM) dalam kurikulum program studi pada perguruan tinggi keagamaan Islam.

Dalam hal ini, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada semester ganjil 2021/2022 sudah mengimplementasikan kebijakan tersebut dengan memberikan keleluasaan mahasiswa dalam mengambil mata kuliah pada berbagai aktivitas pembelajaran.

Kegiatan MBKM yang dilakukan FST mengambil skema melalui tiga kegiatan yaitu magang pada dunia industri untuk mahasiswa S1 Teknik Informatika dan Arsitektur, mahasiswa belajar pada perguruan tinggi (PT) di luar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan mahasiswa dari luar PT belajar di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dalam kegiatan MBKM ini, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menerima 156 mahasiswa dari luar perwakilan 12 PT untuk belajar di UIN Malang dan melibatkan 27 dosen pengajar.

Selain itu FST UIN Maliki Malang juga mengirim 80 mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Adapun 12 PT tersebut meliputi FMIPA Universitas Jember, FST UIN Ar-Raniry Aceh, FST UIN Sumatera Utara, FST UIN Raden Fatah Palembang, FST UIN Syarif Kasim Riau, FST UIN Sultan Thaha Syifuddin Jambi, FST UIN Sultan Maulana Hasunuddin Banten, FST UIN Sunan Gunung Jati Bandung, FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, FST UIN Walisongo Semarang, FST UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, FST UIN Sunan Ampel Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES