Peristiwa Nasional

Jatim yang Pertama Level 1 PPKM, Gubernur Jatim Khofifah: Harus Tetap Disiplin Prokes

Rabu, 22 September 2021 - 17:26 | 34.62k
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Jawa Timur merupakan satu-satunya provinsi yang masuk level 1 PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berdasarkan asesmen kondisi Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan RI.

Meski begitu, Khofifah meminta masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

"Per kemarin (Jumat, 17/9/2021) Jawa Timur ini yang pertama dan baru satu-satunya di Indonesia provinsi masuk level 1," kata Khofifah saat meninjau vaksinasi oleh Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) di Kampus Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang, Sabtu (18/9).

Jika Jawa Timur bisa terus mempertahankan level 1, maka berbagai kegiatan yang melibatkan interaksi masyarakat akan mulai digelar, dengan catatan sesuai dengan mekanisme yang telah diatur.

"Pembelajaran tatap muka bisa kita percepat dan yang sekarang sudah dibuka, bisa ditingkatkan lagi," ujarnya.

Bahkan, kata Khofifah, sejumlah sektor pariwisata, ekonomi dan berbagai kegiatan masyarakat yang lain, juga bisa mulai diaktifkan lagi secara bertahap, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Interaksi masyarakat memungkinkan untuk bisa dimulai bertahap terbatas, sesuai dengan regulasi yang ada di inmendagri," imbuhnya.

Gubernur menambahkan, dengan kondisi kasus Covid-19 yang semakin melandai dan terkendali, maka sektor pekonomian juga akan mengalami kebangkitan dan pertumbuhan.

Diungkapkan juga oleh Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto mengatakan bahwa penurunan level PPKM di daerah Jatim merupakan pencapaian luar biasa yang kendati demikian tidak malah menyebabkan Jatim menjadi berpuas diri dan kendor prokes.

Lebih lanjut Suharyanto, meminta seluruh elemen masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan agar dapat mempertahankan prestasi Jatim di level 1 PPKM ini serta mampu menurunkan angka penyebaran Covid-19 di level 3 menjadi level 2, dan level 2 mampu berada di level 1. "Yang masih level 3 ini kami akan tingkatkan menjadi level 2 dan yang level 2 mudah-mudahan bisa menambah kepada yang level 1 , dan yang level 1 bisa dipertahankan," lanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES