Wisata

Menikmati Sejuknya Air di Umbulan Dampit

Rabu, 22 September 2021 - 13:05 | 418.18k
Wisatawan Umbulan Dampit. (FOTO: Instagram Wisata Malang Dampit)
Wisatawan Umbulan Dampit. (FOTO: Instagram Wisata Malang Dampit)

TIMESINDONESIA, MALANG – Di wilayah Malang Raya, banyak lokasi wisata yang dapat dikunjungi. Salah satu lokasi wisata yang tengah naik daun adalah wisata Umbulan Dampit di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. 

Wisata Umbulan Dampit merupakan pemandian yang sangat asri. Wisata ini tepatnya berada di Dusun Umbulrejo Ubalan atau Area Sawah dan Kebun, Pamotan, Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sebenarnya wisata ini sudah ada pada jaman dahulu, namun kembali dikembangkan dan dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). 

umbulan-2.jpg

Seperti namanya, umbulan atau pemandian, lokasi wisata ini berupa kolam renang dengan air sumber yang bening. Ada 1 kolam dengan air yang dingin dan tenang. Meski tenang, Anda harus berhati-hati, karena kedalaman kolam bisa mencapai 3 m. 

Karena airnya yang bening, banyak wisatawan yang memanfaatkan Umbulan Dampit sebagai lokasi pemotretan under water. 

Di lokasi ini juga disewakan pelampung ban dan gethek (perahu kecil yang terbuat dari bambu) untuk bermain air atau sekadar keliling kolam. 

umbulan-4.jpg

Selain untuk bermain air, Umbulan Dampit juga cocok sebagai lokasi camping. Pengelola menyediakan camping ground di sekitar kolam. 

Di sekeliling Umbulan Dampit ini Anda akan disuguhi pemandangan bukit pohon sengon yang sungguh memesona. Sengon-sengon ini sengaja ditanam oleh warga sekitar untuk mencegah banjir dan tanah longsor. Pepohonan ini juga yang membuat udara di sekitar sumber menjadi sejuk dan segar.

Lingkungan alam di sekitar pemandian ini juga masih terjaga kebersihan dan keasriannya.

umbulan-3.jpg

Bagi pengunjung yang sangat menyukai seni fotografi, bisa membawa kamera atau kamera handphone saat anda mengunjungi obyek wisata ini. Pemandangan yang ada di lokasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto. 

Tips jika Anda tertarik mengunjungi Umbulan Dampit, yang utama adalah pastikan diri dalam kondisi sehat, membawa baju ganti, obat-obatan seperti pereda nyeri, minyak kayu putih, obat merah (plester). 

Karena masih pandemi, saat ke Umbulan Dampit disarankan pula untuk membawa masker cadangan, membawa bekal sendiri meski di lokasi ada penjaja makanan dan minuman, dan tetap patuh pada protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES