Peristiwa Daerah

Pamekasan Miliki Mal Pelayanan Publik, Bupati: Wujud Pemerintahan yang Bersih

Rabu, 22 September 2021 - 13:02 | 39.23k
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menyapa masyarakat pemohon KTP di acara Launching mall pelayanan publik Gedung Islamic Center, Jalan Raya Panglegur Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menyapa masyarakat pemohon KTP di acara Launching mall pelayanan publik Gedung Islamic Center, Jalan Raya Panglegur Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASANBupati Pamekasan, Baddrut Tamam meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) dan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) tangguh di Gedung Islamic Center, Jalan Raya Panglegur, Rabu (22/9/2021).

Sebelum meresmikan MPP,  bupati terlebih dahulu menyerahkan dokumen kependudukan langsung kepada pemohon serta memberikan satu paket sembako.

Bupati menyampaikan, Pemkab Pamekasan, Jawa Timur telah mendapat legitimasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kabupaten tercepat mendirikan Mal Pelayanan Publik pada tahun 2019. Saat itu, dirinya belum genap 100 hari mengabdikan diri menjadi orang nomor satu di bumi Gerbang Salam.

Bupati menambahkan, bahwa inisiatif mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP) itu tidak lepas dari upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karena sebelumnya, masyarakat yang hendak mengurus perizinan usaha, dan layanan lainnya harus mengurus ke beberapa tempat, tidak terpusat dalam satu tempat. Tentu, kondisi itu akan memperlambat masyarakat yang membutuhkan layanan cepat.

"Makanya dengan adanya Mal Pelayanan Publik ini, masyarakat sudah tidak harus pindah pindah antar dinas ke dinas lainnya, melainkan ada dalam satu tempat. Adanya inovasi itu, kita meraih rekor muri sebagai bupati tercapat mendirikan mall pelayanan publik," ucapnya.

Bupati-Pamekasan-2.jpg

Politikus PKB tersebut menambahkan bahwa reformasi birokrasi yang menjadi salah satu program prioritas diantaranya telah diimplementasikan melalui pendirian mall pelayanan publik. Hanya saja membutuhkan strategi, dan menejemen yang berkebaruan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pelayanan ini harus bersih, bersih betul. Karena dimulai dari yang bersih itu pelayanan akan semakin baik," katanya.

Bupati muda tersebut mengaku bahagia lantaran mall pelayanan publik saat ini ada layanan tambahan untuk memudahkan masyarakat Pamekasan. Salah satunya adalah dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) yang secara keseluruhan berkantor di gedung Islamic Center dengan beberapa inovasi program barunya.

"Kenapa dari awal kita ingin Mal Pelayanan Publik yang cepat, profesional, exelent, dan tanpa pungutan. Karena saya berkomitmen pemerintahan di kabupaten ini harus menjadi pemerintahan yang bersih," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES