Indonesia Positif

Alumni Pariwisata UC Surabaya Gerakkan Tur Wisata Trowulan Melalui “Kuno Kini & Nanti"

Rabu, 22 September 2021 - 11:25 | 84.51k
Trip Kuno Kini Nanti.
Trip Kuno Kini Nanti.

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Alumni Pariwisata UC Surabaya gerakkan tur sejarah Trowulan melalui 'Kuno Kini & Nanti". Potensi wisata di Trowulan Kabupaten Mojokerto, di Jawa Timur sangatlah besar.

Diyakini sebagai pusat kerajaan Majapahit, Trowulan menyimpan banyak sejarah dan budaya yang menggambarkan kebesaran nusantara pada masa lampau. Keberadaan komplek Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Brahu, Candi Wringin Lawang, Museum Trowulan dan Kolam Segaran adalah beberapa dari obyek wisata sejarah yang ada di Trowulan.

Keberadaan Vihara Mojopahit dengan Patung Budha tidur terbesar di Indonesia dan juga kampung wisata Bejijong yang baru saja dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Bapak Sandiaga Uno; menjadikan Trowulan memilki asset wisata yang sangat besar. Maka dari itu, untuk bisa menikmati keindahan alam, sejarah dan budaya di Trowulan, maka perlu adanya sebuah transpotasi wisata yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berkeliling Trowulan.

Pada tahun 2020, sebuah bisnis startup pariwisata, yang bergerak di bidang transpotasi wisata didirikan oleh Bagus Septian Tri Pamungkas. Alumni Jurusan Pariwisata, Universitas Ciputra Surabaya ini memberi nama bisnisnya “Kuno Kini & Nanti”.

Dalam menjalankan bisnisnya, Bagus menggandeng BUMDes Danadyaksa Watesumpak sebagai partner bisnis. Bisnis ini merupakan bisnis wisata jalan-jalan menyusuri alam, sejarah dan budaya Trowulan dengan menaiki bis wisata yang telah didesain dengan unik. Pengaturan wisata ini sesuai dengan prokes, sehingga aman dan nyaman bagi wisatawan di era pandemi.

Bagus

Pada bisnis ini , Bagus menikmati apa yang sedang dia kerjakan. Tujuan utama dalam mendirikan bisnis ini adalah untuk bisa ikut melestarikan kebudayaan Indonesia, sebagai anak milenial, khususnya budaya dan sejarah Majapahit  di Trowulan Mojokerto.

Passion dalam budaya dia sudah sejak lama tumbuh dan kemudian diasah ketrampilan bisnisnya selama mendapatkan beasiswa di Universitas Ciputra Surabaya. Sehingga hal tersebut menambah wawasan, ketrampilan dan keberanian dirinya untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

Menurut Bagus pada saat kuliah dia diajarkan membuat bisnis dan juga memahami  persoalan-persoalan yang terjadi dalam bisnis, ditambah kemampuan mengolah pariwisata mulai dari guide, travel management dan masih banyak yang lainnya. Semua itu membantu dia menjalankan bisnisnya sekarang.

Setelah lulus kuliah akhirnya Bagus membangun bisnis ini, dengan memadukan konsep Kuno dari segi lokasi trip yang diexplore dan Kini merupakan konsep dari trip yang milenials. Yang Nantinya akan bisa membawa pesan baik untuk masa depan.

Bagi Bagus, tantangan terbesar adalah masalah SDM masyarakat lokal yang minim untuk menangkap peluang usaha dalam bisnis ini, maka secara perlahan dia memperkenalkan dan mengedukasi dampak positif yang akan masyarakat terima.  

Pada awalnya belum ada yang tertarik bahkan semua konten dia harus sajikan sendiri, mulai dari kendaraannya, kulinernya, cinderamatanya dan juga pertunjukan sebagai konten dari trip Kuno Kini & Nanti.

Namun pada akhirnya, hal ini membawakan hasil dengan bantuan beberapa media lokal maupun teman-temannya yang membantu share bisnis ini melalui sosmed akhirnya ramai menjadi salah satu jujukan wisata budaya dan sejarah, dari situ masyarakat ada yang mulai sadar dan menangkap peluang bisnis ini.

Pada saat ini ada lebih dari 7 Keluarga (KK) yang turut menyiapkan kebutuhan wisatawan seperti  makanan, cinderamata, maupun performers, bisa dikatakan hal ini membawa dampak dari segi ekonomi, dan memancing masyarakat untuk sadar akan potensi bisnis wisata di Trowulan.

Pengalaman unik yang dia rasakan dalam bisnis ini adalah dia bisa menjalankan hobi maupun passion dia dibidang budaya dan sejarah Majapahit, sekaligus dia bisa membantu banyak orang dalam hal peningkatan SDM maupun ekonomi lokal pada khususnya masyarakat Lokal Trowulan.

Pesan Bagus, alumni UC Surabaya pada generasi muda agar bisa bekerja dengan passion yang dimiliki, sehingga bisa berdampak bagi banyak orang, terutama kemajuan SDM maupun ekonomi masyarakat. Bagi wisatawan yang ingin tahu soal trip ini bisa mengunjungi instagram @kunokininanti_id. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES