Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Kenalkan Khasiat Daun Sembukan, Mahasiswa Unisma Malang Lolos PKM

Selasa, 21 September 2021 - 15:59 | 77.65k
Tim PKM-K Unisma lolos PKM dengan memanfaatkan tanaman sembukan sebagai teh alternatif. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tim PKM-K Unisma lolos PKM dengan memanfaatkan tanaman sembukan sebagai teh alternatif. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim PKM-K Unisma Malang yang diketuai Feby Syaharani dengan anggota Van Wie Bramasta, Rahmat Samsudin, Faldha Laili berhasil lolos didanai oleh Ristek BRIN 2021.

Di bawah bimbingan serta bimbingan Novi Arfarita, SP, MP, M.Sc, Ph.D, kelompok ini memproduksi TEMBUK, Minuman Celup Daun Sembukan (Paederia foetida) sebagai teh Alternatif untuk Kembung pada Anak.

Daun sembukan di Indonesia termasuk dalam salah satu tanaman liar yang banyak tumbuh di kebun maupun hutan dan sering dianggap sebagai gulma. Tanaman sembukan memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Kandungan zat aktif yang cukup banyak pada bagian daun, diantaranya yaitu saponin, tanin, fenol, flavonoid, terpenoid, dan alkaloid. Daun sembukan dikenal memiliki bau yang menyengat, oleh karenanya banyak orang yang menyebutnya daun kentutan. 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Manfaat tanaman sembukan ini diantaranya yaitu: dapat mengatasi kembung, mual, masuk angin, serta batuk yang terjadi pada semua kalangan, termasuk pada anak. Masyarakat Indonesia pada umumnya tidak menyukai daun sembukan karena baunya, terutama pada anak-anak, karena aromanya yang menyengat dan tidak sedap.

Padahal daun sembukan memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Hal ini perlu dilakukan terobosan baru yang dapat meningkatkan eksistensi daun sembukan sebagai kearifan local yang sudah terbukti secara empiris untuk pengobatan serta teknologi pengolahan untuk menghilangkan bau yang menyengat dari kandungan metil merkaptan yang ada pada daun serta batang tanaman.

Salah satunya yaitu dengan menjadikan daun sembukan sebagai minuman teh daun celup ‘TEMBUK’ pada anak. Sediaan ini dibuat praktis, desain kemasan yang menarik, nikmat untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan dan terjangkau harganya tapi tetap berkhasiat. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES