Indonesia Positif

Antisipasi Covid-19 dan Demam Berdarah, Tim Sibat Sokaraja Banjarnegara Sosialisasikan PHBS Sejak Dini

Selasa, 21 September 2021 - 19:00 | 33.59k
Antisipasi Covid-19 dan Demam Berdarah Tim Sibat Sokaraja, Banjarnegara sosialisasikan PHBS  sejak dini. (FOTO : PMI Banjarnegara for TIMES Indonesia)
Antisipasi Covid-19 dan Demam Berdarah Tim Sibat Sokaraja, Banjarnegara sosialisasikan PHBS sejak dini. (FOTO : PMI Banjarnegara for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat atau tim Sibat Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara terus berupaya memberikan sumbangsih nyata bagi lingkungan. Khususnya dalam rangka kegiatan percepatan dan penguatan respon Pandemi Covid -19.

Tim yang merupakan dukungan dari PMI Pusat dan KOICA (Korea International Cooperation Agency) antara lain dengan menggandeng adik - adik santri TPQ Nurul Ilmi dan Sekolah Minggu Budha Dhammasesa.

Sosialisasi PHBS Sejak Dini 2

Komandan Tim Sibat Desa Sokaraja Tato, Selasa (21/9/2021) menyampaikan, kegiatan dengan menggandeng adik adik usia dini hingga tingkat sekolah dasar dan TPQ ini bertujuan agar mengenalkan sedini mungkin tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Harapan kami, mereka menjadi generasi yang tangguh, sehat dan menjadi cikal bakal pemuda yang berkualitas yang mampu menjadi pioneer di keluarganya agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” paparnya.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 200 anak yang dibagi dalam beberapa kelompok dengan menerapkan protokol kesehatan, diisi dengan edukasi, promosi kesehatan dan kebersihan.

Dengan tema 'Jangan lengah Covid -19 belum musnah dan Waspada DBD',  peserta juga diajak bermain games menarik dengan metode berbasis android yakni memainkan aplikasi permainan Covid Fighter yang bisa di download secara gratis di link PMI Pusat.

Selain itu, peserta juga diberikan masker dan susu sebagai penambah imun serta berbagai macam pengetahuan, sharing pengalaman dan cerita tentang Kepalangmerahan.

Watiah, Koordinator kegiatan menjelaskan, berbagai inovasi kegiatan akan terus dilakukan oleh Tim Sibat Desa Sokaraja dengan menggandeng berbagai pihak dan berharap peran serta PMI di desa semakin nampak dan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat.

Sosialisasi PHBS Sejak Dini 3

Peran Pemerintah desa juga diharapkan optimal dalam mendukung program yang tengah berlangsung, sehingga pembangunan sumber daya manusia yang sedang berjalan dan dilakukan dapat dirasakan manfaat serta hasilnya dimasa mendatang oleh masyarakat Sokaraja dan Banjarnegara umumnya.

Terpisah Ketua PMI Banjarnegara, dr Amalia Desiana sangat mengapresiasi kegiatan Tim Sibat Desa Sokaraja, yang terus berinovasi untuk kebaikan bersama. Ia juga mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut karena PHBS seyogyanya harus dilakukan sedini mungkin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES