Pendidikan

Sekolah di Madiun Siagakan UKS Selama PTM

Selasa, 21 September 2021 - 20:52 | 93.29k
Petugas UKS di SMPN 2 Kota Madiun membantu pelaksanaan rapid antigen di sekolah. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)
Petugas UKS di SMPN 2 Kota Madiun membantu pelaksanaan rapid antigen di sekolah. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Pelajar di Kota Madiun juga dilibatkan aktif dalam pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) selama pembelajaran tatap muka (PTM). Salah satunya melalui UKS (usaha kesehatan sekolah). Seperti yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kota Madiun.

"Sebelum PTM memang tidak ada kegiatan di sekolah. Tapi untuk petugas UKS tetap diberi materi lewat zoom," ujar Purwaningtyas, guru pembina UKS SMPN 2 Kota Madiun, Selasa (21/9/2021).

SMPN 2 Kota Madiun 2Ruangan UKS di sekolah disiapkan untuk penanganan pertama siswa yang sakit saat pembelajaran. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

Untuk persiapan PTM, petugas UKS diberikan pembekalan tentang prokes dan pengetahuan seputar Covid-19. Tujuannya, mereka bisa ikut aktif membantu pelaksanaan prokes di sekolah.

"Tugas utama menjadi contoh, kemudian ikut mengingatkan agar teman-temannya patuh prokes," jelas Tyas panggilan akrabnya.

Selama PTM di masa pandemi, lanjut Tyas, UKS  memiliki peran penting. Tidak hanya membantu disiplin prokes saja tetapi juga pelayanan kesehatan  jika dibutuhkan. "Kalau sewaktu-waktu ada siswa yang sakit, penanganan awal di UKS," katanya.

Faye Nabila Ketua UKS SMPN 2 Kota Madiun mengaku tidak ada kendala selama menjalankan tugas. Termasuk saat mengingatkan tekan-temannya menjalankan prokes. "Selama ini nggak ada masalah. Kalau ada yang belum taat prokes kita ingatkan baik-baik," ujarnya.

SMPN 2 Kota Madiun 3Guru pembina memberi arahan kepada petugas UKS SMPN 2 Kota Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

Siswa kelas IX itu mengaku sudah mendapat bekal pengetahuan tentang prokes. Serta informasi tentang pencegahan penularan Covid-19. Sehingga bisa ditularkan ke teman-temannya.

Kesiapan UKS di sekolah selama PTM merupakan bagian instruksi dari Wali Kota Madiun H. Maidi. Bahkan ada rencana setiap UKS di sekolah dilengkapi dengan layanan rapid antigen. Penguatan UKS diharapkan membantu pencegahan dan penanganan Covid-19 di lingkup sekolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES