Indonesia Positif

Desa Pekauman Madukara Banjarnegara Juara Desa PHBS 2021

Selasa, 21 September 2021 - 16:08 | 70.87k
Kadinkes Banjarnegara, dr Latifa Hesti P MKes saat menyerahkan hadiah kepada desa pemenang PHBS 2021 (FOTO: Dr Tuswadi for TIMES Indonesia)
Kadinkes Banjarnegara, dr Latifa Hesti P MKes saat menyerahkan hadiah kepada desa pemenang PHBS 2021 (FOTO: Dr Tuswadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Pemerintah RI telah menetapkan kebijakan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan pencegahan serta penanggulangan penyakit menular dan tidak menular melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2017 yakni tentang penetapan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Di kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah kebijakan tersebut dituangkan dalam Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2018 tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Untuk mengevaluasi PHBS, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara menggelar Lomba Desa PHBS 2021 yang diikuti oleh desa-desa di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan terpilih 6 finalis untuk kemudian diuji secara daring pada Senin, 6 September 2021 lalu.

Di hadapan dewan juri, delegasi dari masing-masing desa melakukan presentasi mengenai pelaksanaan dan inovasi seputar PHBS dan tanya jawab oleh Dewan juri berasal dari Politeknik Banjarnegara (Dr Tuswadi), Dindikpora (Rita Khotijah), Dinkes (dr Sulis), Kemenag Kabupaten Banjarnegara (Drs Nasirin), Dispermades PPKB (Agung Hermawan SIP) dan TP PKK Kabupaten Banjarnegara (Ngaisyah Supriyo).

Berdasarkan hasil penilaian yang ketat, terpilih para desa juara 1, 2 dan 3 yaitu Pekauman Kecamatan Madukara, Larangan (Pejawaran) dan Dawuhan Kecamatan Wanayasa. Sedangkan, Juara harapan 1, 2 dan 3 yakni  Tanjung Anom Kecamatan Rakit,  Gripit (Banjarmangu) dan Plumbungan Kecamatan Pagentan.

PHBS 2021 2Delegasi Desa Juara Beserta Kadinkes dan Tim Juri.

Semua desa juara mendapatkan hadiah dan penghargaan berupa plakat dan uang pembinaan dari Pemkab Banjarnegara.

Khusus untuk para desa juara harapan 1, 2, dan 3, masing - masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1.000.000 dari sponsor yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Banjarnegara, RSI Banjarnegara, Politeknik Banjarnegara, dan Rumah Pintar Dr Tus.

Upacara penyerahan penghargaan dan hadiah dilaksanakan di Aula Utama Dinas Kesehatan kabupaten Banjarnegara pada Senin (20/9/2021) dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, perwakilan anggota dewan juri, Kepala Puskesmas, dan utusan dari desa finalis.

“Lomba atau evaluasi ini bukan segalanya. Semoga kegiatan ini memicu keenam desa yang juara dan semua desa untuk bercermin apa-apa yang masih kurang seputar implementasi PHBS termasuk banyak desa yang masih belum terbebas dari Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan," kata dr Latifa Hesti P, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan, Selasa (21/9/2021).

Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat, kata Latifa, sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. 'Dalam evaluasi PHBS, verifikasi ODF dilakukan untuk memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan,” jelasnya lagi.

Dr Tuswadi, salah satu anggota dewa juri, ilmuwan Kebencanaan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia dan Direktur Politeknik Banjarnegara menyampaikan bahwa kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) khususnya, pilar pertama atau stop buang air besar sembarangan bisa dilakukan dengan berbagai upaya. 

Salah satu sumber dana adalah anggaran dana desa (ADD). Pihak desa harus cerdas memanfaatkan fasilitas dari pemerintah untuk ini semua.

Sementara Kepala Desa Pekauman Jatmiko menambahkan bahwa desanya  sudah berkomitmen dalam hal PHBS. Namun demikian ia masih butuh bimbingan  dari pihak terkait. "Alhamdulillah, di desa kami semua lini bergerak. Mulai dari pemuda, ibu-ibu PKK, para perangkat desa, semuanya bersatu padu memastikan PHBS benar-benar terimplementasi dengan baik. Terima kasih kepada kepala Puskesmas Madukara I, Amir Faozan yang turut memberikan pembinaan kepada kami secara berkelanjutan,” tutur Djatmiko, Kepala Desa Pekauman Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES