Menuju Pendidikan yang Berkualitas
TIMESINDONESIA, MALANG – Delapan tahun menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals /SDGs), dunia masih belum bisa memastikan pendidikan yang berkualitas untuk semua pada tahun 2030. Peningkatan yang mengesankan dalam pendaftaran dan kehadiran selama beberapa dekade terakhir belum diterjemahkan ke dalam peningkatan yang sesuai dalam pembelajaran.
Metrik Bank Dunia tentang “kemiskinan belajar”, yang mengacu pada anak-anak yang tidak dapat membaca dan memahami teks sederhana pada usia 10 tahun, adalah 80 persen yang mengejutkan di negara-negara berpenghasilan rendah.
Pandemi COVID-19 memperburuk krisis pembelajaran. Sebanyak 94 persen anak - anak di seluruh dunia telah putus sekolah karena penutupan. Kehilangan pembelajaran dari penutupan sekolah semakin diperparah oleh ketidakadilan , terutama bagi siswa yang sudah tertinggal oleh sistem pendidikan. Banyak negara dan sekolah telah beralih ke pembelajaran online selama penutupan sekolah sebagai tindakan sementara. Namun, ini tidak mungkin di banyak tempat, karena di negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak memiliki akses internet.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Banyak sistem pendidikan di seluruh dunia sekarang dibuka kembali sepenuhnya, sebagian, atau dalam format hybrid meninggalkan jutaan anak untuk menghadapi pengalaman pendidikan yang berubah secara radikal. Ketika kasus COVID-19 naik dan turun selama beberapa bulan ke depan, kekacauan kemungkinan akan berlanjut, dengan sekolah ditutup dan dibuka kembali sesuai kebutuhan untuk menyeimbangkan kebutuhan pendidikan dengan melindungi kesehatan siswa, guru, dan keluarga.
Orang tua, sekolah, dan seluruh sistem pendidikaan perlu memainkan peran baru untuk mendukung pembelajaran siswa karena situasinya terus berubah. Penelitian yang dilakukan oleh lebih dari 220 profesor yang berafiliasi dengan Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) dan inovasi dari mitra J-PAL memberikan tiga wawasan untuk mendukung tujuan langsung dan jangka panjang dalam mendidik anak, yaitu:
1. Dukung orang tua/pengasuh di rumah untuk membantu anak belajar saat sekolah tutup . Dengan hampir 1,6 miliar anak putus sekolah pada puncak pandemi, banyak orang tua atau pengasuh, terutama dengan anak kecil, telah mengambil peran baru untuk membantu pembelajaran di rumah.
Untuk mendukung mereka dan upaya pendidikan jarak jauh, banyak orang tua/pengasuh telah menggunakan SMS, panggilan telepon, dan metode penyampaian informasi lainnya yang dapat diakses secara luas, terjangkau, dan berteknologi rendah.
Meskipun metode tersebut merupakan pengganti yang tidak sempurna untuk sekolah, penelitian menunjukkan bahwa metode tersebut dapat membantu melibatkan orang tua dalam pendidikan anak mereka dan berkontribusi pada pembelajaran , bahkan mungkin setelah sekolah dibuka kembali.
2. Saat sekolah dibuka kembali, pendidik harus menggunakan penilaian berisiko rendah untuk mengidentifikasi kesenjangan pembelajaran. Mulai 1 September, sekolah di lebih dari 75 negara dibuka sampai taraf tertentu.
Banyak pemerintah perlu bersiap untuk sebagian besar anak-anak yang secara signifikan tertinggal dalam pendidikan mereka ketika mereka kembali. Daripada langsung masuk ke kurikulum tingkat kelas, sekolah harus dengan cepat menilai tingkat pembelajaran untuk memahami apa yang diketahui (atau tidak) anak-anak dan menyusun tanggapan strategis.
Mereka dapat melakukannya dengan menggunakan alat sederhana untuk menilai siswa secara berkala, daripada hanya berfokus pada ujian berisiko tinggi, yang dapat secara signifikan memengaruhi masa depan anak dengan, misalnya, menentukan kenaikan kelas. Penilaian yang diberikan harus secara sederhana, cepat, murah, dan efektif.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
3. Sesuaikan instruksi anak-anak untuk membantu mereka menguasai keterampilan dasar setelah kesenjangan belajar diidentifikasi. Mengingat tingkat pembelajaran yang rendah sebelum pandemi dan kehilangan pembelajaran baru-baru ini karena gangguan sekolah, penting untuk fokus pada keterampilan dasar saat sekolah dibuka kembali untuk memastikan anak-anak mempertahankan dan membangun fondasi untuk pembelajaran seumur hidup.
Ketika negara-negara membangun kembali dan menemukan kembali diri mereka sendiri dalam menanggapi COVID-19, ada peluang untuk mempercepat pemikiran tentang cara terbaik mendukung pendidikan berkualitas untuk semua.
Dalam jangka panjang, keputusan dan program berdasarkan bukti yang memperhitungkan kondisi spesifik negara memiliki potensi untuk meningkatkan pedagogi, mendukung guru, memotivasi siswa, meningkatkan tata kelola sekolah, dan menangani banyak aspek lain dari pengalaman belajar. Mungkin salah satu hasil positif dari pandemi adalah bahwa hal itu akan mendorong kita untuk mengatasi banyak tantangan pendidikan global yang tersisa lebih cepat dari yang kita harapkan. ***
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
*)Penulis: Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (UNISMA).
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Advertisement
Editor | : Dhina Chahyanti |
Publisher | : Rochmat Shobirin |