Peristiwa Internasional

Puluhan Penguin Afrika Mati Disengat Lebah

Selasa, 21 September 2021 - 16:00 | 68.07k
Penguin Afrika Selatan yang langka. Baru-baru ini ditemukan 63 penguin tewas akibat sengatan lebah.
Penguin Afrika Selatan yang langka. Baru-baru ini ditemukan 63 penguin tewas akibat sengatan lebah.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Puluhan penguin dari koloni penguin Afrika (Spheniscus demersus) yang terancam punah, mati karena diserbu lebah.

Penguin yang mati itu ditemukan di pantai di luar kota Cape Town dengan rata-rata memiliki 20 sampai lebih sengatan lebah.

Setidaknya para petugas di sana,  menemukan 63 penguin Afrika di pantai Boulders, salah satu tempat wisata populer di Selatan Cape Town, mati dengan sengatan lebah di bagian matanya.

Menurut Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), seperti dilansir Al Jazeera, koloni penguin Afrika (Spheniscus demersus) ini hidup di cagar alam, dan dianggap terancam punah.

Kawasan ini merupakan taman nasional dan lebah madu Tanjung merupakan bagian dari ekosistem di sana.

"Setelah tes, kami menemukan sengatan lebah di sekitar mata penguin," kata David Roberts, dokter hewan klinis dan bagian dari Yayasan Afrika Selatan untuk Konservasi Burung Pesisir, mengatakan pada hari Minggu.

"Ini adalah kejadian sangat langka. Kami tidak berharap itu sering terjadi, itu kebetulan. Ada juga lebah mati di tempat kejadian," tambahnya.

Pihak Taman Nasional Afrika Selatan mengatakan, burung-burung itu dibawa ke yayasan untuk post-mortem, dan menemukan semua penguin memiliki beberapa sengatan lebah, kemudian sampelnya juga dikirim untuk pengujian penyakit dan toksikologi.

"Tidak satu pun burung-burung yang ditemukan itu memiliki ada luka fisik eksternal," kata pernyataan taman.

"Beberapa hewan ditemukan dengan 20 sengatan lebah bahkan lebih," kata juru bicara Otoritas Konservasi Alam Afrika Selatan SANParks, Lauren Howard-Clayton, kepada kantor berita dpa, Senin.

Tes selanjutnya untuk racun atau patogen tidak meyakinkan.

"Pihak berwenang saat ini sedang  mencari sarang lebah untuk mencari tahu apa yang menyebabkan serangan lebah," tambah Howard-Clayton.

Penguin Cape Town ini berkaki hitam atau jackass, berkembang biak di Afrika Selatan dan negara tetangga Namibia.

Menurut Yayasan Konservasi Burung Pesisir di Afrika Selatan, dalam tiga dekade terakhir, jumlah yang masih hidup di Afrika Selatan telah turun 73 persen menjadi 10.400 pasang. Di Namibia, masih ada 4.300 pasangan penguin.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES