Indonesia Positif

TNI-Polri di Majalengka Siapkan Rencana Antisipasi Bencana Alam

Selasa, 21 September 2021 - 15:23 | 31.59k
Kapores Majalengka, Edwin Affandi dan Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto pimpin rakor pemetaan dan penanggulangan kerawanan bencana alam. (Foto: Humas Polres Majalengka for TIMES Indonesia)
Kapores Majalengka, Edwin Affandi dan Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto pimpin rakor pemetaan dan penanggulangan kerawanan bencana alam. (Foto: Humas Polres Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAPolres Majalengka bersama aparat TNI dari Kodim 0617 Majalengka dan sejumlah instansi terkait Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menggelar rapat koordinasi (rakor) di Mapolres Majalengka, Selasa (21/9/2021).

Dalam Rakor tersebut, TNI dan Polri bersama instansi terkait guna menyatukan kesamaan dalam pemetaan dan penanggulangan kerawanan bencana alam tahun 2021 di wilayah Kabupaten Majalengka.

"Kita laksanakan untuk mengantisipasi dan kesiapsiagaan terjadinya bencana alam di Kabupaten Majalengka yang menjadi pembahasan dalam Rakor ini," ungkap Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi.

"Langkah itu adalah tema yang akan kita terus kembangkan sehingga kita miliki satu Standar Operasional Prosedur (SOP) atau rencana tindakan kontingensi dalam rangka mengantisipasi kejadian bencana tahun 2021," ucap Edwin menambahkan.

Bencana yang dimaksud, kata dia, yakni mulai dari adanya fenomena alam yaitu hujan dengan intensitas cukup tinggi yang saat ini akan memasuki musim hujan, bencana tanah longsor, angin puting beliung, banjir hingga kemungkinan adanya kemarau panjang yang dikhawatirkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Sebelum terjadinya bencana kami benar-benar mengecek kesiapsiagaan Satuan tugas (Satgas), kesiapan peralatan, ketersediaan bahan pangan, serta kebutuhan yang diperlukan selama menghadapi cuaca ekstrim. Karena, bila terjadi bencana alam akan dapat mengancam jiwa manusia kami sudah siap siaga," jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, menurutnya, dengan digelarnya rakor tersebut, juga bermaksud bahwa TNI-Polri siap untuk mengatasi kesulitan wilayah yang terkena musibah bencana alam.

"Kegiatan ini kita gelar untuk mewujudkan kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para peserta rakor TNI-Polri dan Pemda Majalengka sesuai tupoksi masing-masing serta meningkatkan profesionalitas, sinergi, soliditas guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten Majalengka," jelas Komandan Kodim 0617 Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES