Peristiwa Daerah

Musim Hujan Berimbas Pada Pertanian Cabai di Ciamis

Selasa, 21 September 2021 - 11:27 | 18.68k
Ilustrasi pertanian cabai. (foto: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi pertanian cabai. (foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Musim hujan yang terjadi terus menerus juga berimbas pada pertanian di Ciamis. Salah satunya terjadi di pertanian cabai milik Kelompok Tani Wibawa Mukti III, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

"Baya perawatan tanaman cabai saat musim hujan meningkat. Namun, harga jualnya saat ini hanya sebesar Rp10.000 per kilogram," jelas Ketua Koptan Wibawa Mukti III, Eman, Selasa (21/9/2021).

Biaya perawatan tersebut seperti obat untuk mencegah hama pada tanaman cabai. Sebab, hama akan mudah menyerang di musim hujan.

"Apalagi, tanaman cabai juga mudah membusuk pada batangnya saat musim hujan. Sebab, kelembapan tanah meningkat," imbuhnya.

Biaya perawatan selama musim hujan tersebut diperkirakan hingga Rp20 juta untuk 2000 tegakan. Tentunya, para kelompok tani tersebut terpaksa mengeluarkan biaya sebesar itu agar tetap terjaga tanamannya selama musim hujan ini.

"Kami khawatir juga jika keadaan ini terus-menerus. Bisa saja kami terus mengalami kerugian. Semoga saja harga jual cabai menjadi meningkat saat musim panen nanti," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES