Peristiwa Daerah

Aqua Banyuwangi Tanam 10 Ribu Pohon di Area Tanah Longsor

Senin, 20 September 2021 - 22:32 | 50.41k
AQUA Banyuwangi bersama LPPM Paradigma dan BKAD Sumberarum saat melaksanakan penanaman pohon di Area Longsor bantaran sungai Badeng, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)
AQUA Banyuwangi bersama LPPM Paradigma dan BKAD Sumberarum saat melaksanakan penanaman pohon di Area Longsor bantaran sungai Badeng, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – PT Tirta Investama Pabrik AQUA Banyuwangi terus berkomitmen mendorong kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan menanam 10.000 pohon di area bantaran sungai yang tergerus tanah longsor.

Penanaman ini dilakukan selain menjadi program konservasi yang hingga sekarang masih terus digalakkan. Hal ini juga merupakan respon dari AQUA Banyuwangi terhadap rusaknya bantaran sungai Badeng di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur akibat fenomena alam.

Bekerjasama dengan Lembaga Perkumpulan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Paradigma Banyuwangi. Penanaman ini turut dilakukan juga oleh Badan Kerjasama Desa (BKD) Sumberarum, Kecamatan Songgon.

AQUA Banyuwangi 2

Kepala Pabrik AQUA Banyuwangi, Budi Wibowo mengatakan bahwa konservasi adalah bagian dari upaya pelestarian sumber daya air dan hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama.

"Butuh aksi kolektif dalam wujud kolaborasi semua pihak untuk menjaga alam tetap lestari hal tersebut dengan visi Danone One Planet One Health dimana satu planet kita ini sangat berkaitan dengan kesehatan masyarakat didalamnya, dengan menjaga bumi, kita juga menjaga lestari titipan anak cucu kita" Kata Budi, Senin (20/9/2021).

"Kami merespon situasi yang ada dengan aksi ini, kami berterima kasih dengan dukungan semua pihak yang ada, dan harapannya bisa menggandeng lebih banyak pemangku kepentingan untuk bisa bergerak bersama". tegasnya.

Lokasi penanaman pohon yang juga berada di wilayah sasaran dari program konservasi Aqua Banyuwangi ini memang sering mengalami longsor.

Mengingat tingginya curah hujan hingga kemiringan tanah yang sangat curam. Selain itu kurangnya pohon sebagai pengikat tanah juga disinyalir menjadi penyebab tanah longsor.

AQUA Banyuwangi 3

Oleh karena itu, Anggota BKAD Sumberarum, Imam menyampaikan pihaknya secara rutin telah melakukan penyisiran terhadap lahan miring yang berpotensi longsor. Sehingga dengan cepat BKAD setempat menyiapkan langkah mitigasi maupun penanaman kembali.

"Tak hanya menanam pohon, BKD Sumberarum juga memetakan lokasi penempatan pembuatan rorak sebagai penahan run off air. Sehingga air tidak langsung terjun ke tebing dan menggerus tanah dan menyebabkan longsor," cetus Imam.

Terakhir pihaknya juga menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian dari Aqua Banyuwangi. Karena telah berkomitmen dalam mendukung kelestarian lingkungan setempat. Selain itu dirinya juga turut mengajak partisipasi masyarakat untuk tidak merusak alam dengan membuang sampah sembarangan hingga penebangan pohon secara liar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES