Peristiwa Daerah

Menyambut Bulan Mulud, Keraton Kacirebonan Sajikan Menu Turun Temurun Ikan Bekasem

Selasa, 21 September 2021 - 02:41 | 64.72k
Proses pembuatan ikan bekasem oleh abdi dalem dan Permaisuri Sultan Kacirebonan.(Foto: Dede Sofiyah/Times Indonesia)
Proses pembuatan ikan bekasem oleh abdi dalem dan Permaisuri Sultan Kacirebonan.(Foto: Dede Sofiyah/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBONKeraton Kacirebonan kembali adakan kegiatan adat istiadat pada awal bulan sapar. Kegiatan tersebut berupa pembuatan Ikan Bekasem, yang menyajikan melalui proses fermentasi selama tiga Minggu.

Setelah melalui fermentasi, ikan bekasem akan disajikan dalam memperingati panjang jimat pada bulan mulud. Selain itu, menjelang bulan mulud rangkaian adat dan tradisi mulai dilakukan di Keraton Kacirebonan pada bulan Safar.

P. Raja Abdulgani Natadiningrat sebagai Sultan Kacirebonan IX mengatakan, rangkaian kegiatan yang ada di Keraton Kacirebonan salah satunya adalah pembuatan ikan bekasem.

Ikan-Bekasem-2.jpg

Dijelaskannya, ikan bekasem ini merupakan salah satu Khazanah kuliner adat yang dipertahankan oleh Keraton Kacirebonan secara turun temurun hingga saat ini.

"Tradisi ini sudah dilaksanakan secara turun temurun, khususnya untuk menyambut bulan mulud,"ujar Sultan Kacirebonan ke IX, Senin (20/9/2021).

Sementara, untuk proses pembuatan ikan bekasem dilakukan oleh Permaisuri Sultan Kacirebonan sembilan dan yang lainnya, termasuk abdi dalem.

Ikan-Bekasem-3.jpg

"Pembuatan ikan bekasem ini menggunakan ikan laut seperti ikan bawal, tengiri dan jenis lainnya yang sudah di potong-potong,"tandasnya.

Lalu, ikan yang sudah dipotong dicuci bersih dan dicampur menggunakan gula aren dan garam krosok untuk difermentasikan didalam guci atau gentong selama tiga Minggu.

"Ikan bekasem ini nantinya akan dibuka dan dijemur, lalu dimasak sehingga akan menjadi lauk yang ditempatkan di tujuh piring jimat. Kemudian akan di doakan dan di sajikan pada peringatan puncak panjang jimat di bulan mulud,"pungkas Sultan Keraton Kacirebonan IX .(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES