Peristiwa Internasional

Resmi Pimpin KJRI Sydney, Konjen Vedi Kurnia Buana Sapa Warga dan Diaspora Indonesia

Senin, 20 September 2021 - 19:10 | 102.28k
Konjen Vedi Kurnia Buana, beserta keluarga memperkenalkan diri dan menyapa langsung masyarakat dan diaspora di wilayah kerja KJRI Sydney secara virtual (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)
Konjen Vedi Kurnia Buana, beserta keluarga memperkenalkan diri dan menyapa langsung masyarakat dan diaspora di wilayah kerja KJRI Sydney secara virtual (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Jumat (17/9/2021) malam menjadi momen istimewa bagi keluarga besar KJRI Sydney, masyarakat dan diaspora Indonesia di New South Wales, Queensland, dan South Australia. 

Betapa tidak, malam itu menjadi malam pertama kalinya Konsul Jenderal RI Sydney yang baru, Vedi Kurnia Buana, beserta keluarga memperkenalkan diri dan menyapa langsung masyarakat dan diaspora di wilayah kerja secara virtual.

"Bertugas sebagai Konjen RI Sydney merupakan suatu amanah dan tanggung jawab yang besar yang harus saya emban sebaik-baiknya," ujar Konjen Vedi dalam sambutan pembukaannya. 

Dilantik oleh Menteri Luar Negeri RI pada  18 Agustus lalu, Konjen Vedi mengharapkan dukungan dan kerja sama seluruh masyarakat dan diaspora Indonesia dalam pelaksanaan tugas dan misi diplomasi Indonesia ke depan.

Acara Malam Perkenalan dihadiri tidak kurang dari 165 peserta yang berasal dari berbagai organisasi dan komunitas masyarakat dan diaspora Indonesia di New South Wales, Queensland, dan South Australia, termasuk di antaranya organisasi keagamaan, komunitas seni dan budaya, komunitas pebisnis diaspora, dan organisasi mahasiswa Indonesia. 

KJRI-Konjen-Vedi-03.jpg

Acara Malam Perkenalan Konjen Vedi Kurnia Buana di KJRI Sydney digelar secara virtual (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Sejumlah pimpinan organisasi dan tokoh masyarakat Indonesia turut memberikan kata sambutan, di antaranya Presiden Indonesian Community Council (ICC) NSW, Presiden Indonesian Diaspora Network (IDN) NSW, Presiden IDN QLD, perwakilan IDN SA, Presiden Indonesian Business Council (IBC) NSW, dan Presiden Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) NSW. 

Sambutan yang disampaikan secara garis besar berisi dukungan dan harapan kolaborasi yang semakin baik antara masing-masing organisasi dengan KJRI Sydney di masa mendatang.

Acara terasa makin hangat dengan kehadiran Duta Besar RI untuk Australia, Kristiarto Legowo dan Ibu Cecilia Legowo. Sebagai orang yang pernah bekerja satu tim, Dubes Kristiarto memastikan Konjen Vedi merupakan pekerja keras dan berdedikasi tinggi, sosok yang tepat dalam memimpin pelaksanaan misi diplomasi dan pelayanan perlindungan WNI di wilayah kerja.

KJRI-Konjen-Vedi-02.jpg

Acara Malam Perkenalan Konjen Vedi Kurnia Buana di KJRI Sydney turut dihadiri Dubes RI untuk Australia, Kristiarto Legowo bersama istri (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

"Tingginya jumlah peserta pada acara malam perkenalan menandakan bahwa kedatangan Konjen RI Sydney telah dirindukan masyarakat dan diaspora Indonesia di New South Wales, Queensland, dan South Australia," ujar Dubes Kristiarto Legowo dalam sambutannya. 

Konjen Vedi Buana tiba di Sydney bersama istri, Fanny Erlita Buana, dan kedua putrinya, Zalfa dan Amara, pada  7 September 2021 dan saat ini masih menjalani masa karantina sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat. 

Konjen kelahiran Cilegon, Banten, 50 tahun silam ini sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri. Dalam perjalanan karirnya, Konjen yang juga merupakan alumnus Universitas Padjajaran ini juga pernah bertugas di KJRI Hong Kong, KJRI Cape Town dan KBRI Seoul sebelum akhirnya resmi memimpin KJRI Sydney. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES