Indonesia Positif

Bangun Kepercayaan Masyarakat, Operasi Patuh Candi 2021 Tanpa Tilang

Senin, 20 September 2021 - 18:46 | 36.04k
Apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021 dipimpin Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, berbeda dari sebelumnya karena fokus pada tindakan simpatik dan humanis. (FOTO: Humas Polres Cilacap for TIMES Indonesia)
Apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021 dipimpin Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, berbeda dari sebelumnya karena fokus pada tindakan simpatik dan humanis. (FOTO: Humas Polres Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Guna membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri, Operasi Patuh Candi 2021 digelar. Namun, tahun ini berbeda karena tidak hanya menertibkan para pelanggar tapi juga penegakan disiplin protokol kesehatan. 

Yang jelas, Operasi Patuh Candi kali ini tidak lagi berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas atau tilang, namun seluruh kegiatan operasi diarahkan pada tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat.

Hal itu ditegaskan Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi Tahun 2021 di lapangan Sarja Arya Racana (SAR) Mapolres Cilacap, Senin (20/9/2021).

Dengan tema 'Melalui Operasi Patuh 2021 Kita Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan dan Tertib Berlalu Lintas dalam Rangka Mencegah Penyebaran Covid-19 serta Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap', Operasi Patuh Candi Tahun 2021 melibatkan 104 petugas yang terdiri dari Polri 64 orang dan instansi lain 40 orang, masing-masing dari Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, Dishub Cilacap, dan Satpol PP Kabupaten Cilacap.

Operasi Patuh Candi 2021 2

Hadir dalam apel Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, para pejabat utama Polres Cilacap, Kapolsek jajaran, perwira staf, serta anggota Polres Cilacap.

Kapolres mengungkapkan, berbeda dengan Operasi Patuh Candi tahun-tahun sebelumnya, tahun ini mengedepankan metode preemtif dan preventif.

"Tujuannya untuk penurunan level PPKM di masing-masing wilayah," terang Leganek Mawardi.

"Dalam Operasi Patuh Candi 2021 yang awalnya 80 persen kegiatan preemtif dan preventif, serta 20 persen penegakan hukum diubah menjadi 100 persen tindakan simpatik guna membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri," imbuhnya.

Menurut Kapolres, pemerintah saat ini masih terus berjuang menurunkan angka penyebaran Covid-19 dengan berbagai kebijakan, antara lain pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan 6 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama) serta percepatan pemberian vaksinasi.

Operasi Patuh Candi 2021 3

Kapolres menuturkan, tujuan utama Operasi Patuh Candi 2021 kali ini untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, kelancaran, serta ketertiban baik dalam berlalu lintas maupun penerapan protokol kesehatan terkait penyebaran virus Corona.

Kepada masyarakat Cilacap, Kapolres berpesan untuk selalu disiplin baik dalam berlalu lintas maupun menerapkan protokol kesehatan.

Diharapkan, dengan dilaksanakan Operasi Patuh Candi 2021 ini masyarakat selalu mematuhi aturan lalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan. "Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan. Budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," tandas Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES