Pemerintahan

Dari 5750 Pelamar Tes CPNS di Kendal, 3631 Orang Berhasil Lolos

Senin, 20 September 2021 - 18:33 | 57.71k
Peserta test seleksi CPNS dari Kendal, saat mengikuti test seleksi CPNS di Hotel UTC Semarang, Senin 20/9/2021 (Foto: dok/ istimewa/ TIMES INDONESIA)
Peserta test seleksi CPNS dari Kendal, saat mengikuti test seleksi CPNS di Hotel UTC Semarang, Senin 20/9/2021 (Foto: dok/ istimewa/ TIMES INDONESIA)

TIMESINDONESIA, KENDAL – Test seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serta seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru bagi kebutuhan di wilayah Kabupaten Kendal mulai dilaksanakan di Hotel UTC Semarang. mulai Senin (20/9/2021) hari ini.

"Tes CPNS ini akan berlangsung selama 4 hari di Hotel UTC Semarang. Dalam sehari pelaksanaan test itu dibagi menjadi 3 sesi," kata Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, saat ditemui di kantornya usai membuka test CPNS di Hotel UTC Semarang.

Basuki mengatakan, Tes yang mulai digelar hari ini adalah Tes Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"Tes ini bersifat mutlak dan sangat terbuka untuk hasilnya, bahkan hasil tes bisa dilihat langsung. Saya berharap semua peserta tetap mematuhi protokol kesehatan dan jaga diri masing-masing dengan menggunakan masker," terangnya.

Menurut Basuki, Tes SKD yang menggunakan CAT ini sudah sangat baik. Ia juga berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti Tes SKD itu untuk percaya diri dengan kemampuannya sendiri, jangan sampai terpengaruh dengan tawaran dari pihak luar.

"Semoga pelaksanaan test CPNS ini berjalan dengan baik dan lancar. Siapa saja nanti yang lolos dan bisa menjadi PNS tetap rendah diri dan saya berharap mempunyai loyalitas tinggi, bagi yang belum beruntung atau tidak lolos jangan berkecil hati, tetap semangat dan terus belajar," paparnya.

CPNS-2.jpg

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, pelaksanaan test CPNS tersebut rencananya akan berjalan selama empat hari, yang terdiri dari tes CPNS tiga hari dan 1 hari terakhir merupakan tes bagi PPPK.

"Dalam sehari kita melaksanakan tiga sesi atau perhari yang melaksanakan tes adalah 1050, dan nanti dihari ke empat pelaksanaan bagi PPPK. Sedangkan pelamar yang masuk pada BKPP Kendal saat ini mencapai 5.750 pelamar dan yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 3.631 pelamar," tandasnya.

Berdasarkan Peraturan Menpan RB nomor 422 tahun 2021 tentang penetapan kebutuhan ASN, Kebutuhan ASN dan PPPK TA 2021 Kendal ditetapkan sebanyak 3.275 formasi.

"Yang terdiri dari tenaga pendidikan 2.611 formasi khusus PPPK, tenaga kesehatan 543 formasi ASN dan PPPK, serta tenaga teknis 121 formasi ASN dan PPPK," ujarnya usai menghadiri acara pembukaan tes seleksi CPNS di Kabupaten Kendal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES