Wisata

Pemkab Bantul Usulkan Pantai Selatan Jadi Lokasi Uji Coba Pembukaan Wisata

Senin, 20 September 2021 - 17:25 | 21.07k
Suasana pantai Parangtritis saat diutup dari kunjungan wisatawan. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Suasana pantai Parangtritis saat diutup dari kunjungan wisatawan. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTULPemkab Bantul.mengusulkan pantai selatan Bantul sebagai lokasi ujicoba pembukaan objek wisata menyusul penerapan PPKM Level 3 di Kabupaten Bantul. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan pernyataan ini menyusul tingginya minat wisatawan untuk berwisata ke pantai selatan Bantul. 

Ditemui di sela - sela memantau vaksinasi di Kalurahan Canden Jetis Senin (20/9/2021), Bupati mengaku menerima laporan terdapatnya wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan. Karena belum secara resmi dibuka maka wisatawan ridak dijinkan masuk. 

"Agar tidak mengecewakan wisatawan, Pemkab Bantul mengusulkan untuk dibuka sebagai lokasi ujicoba," tegas Abdul Halim Muslih. 

Usulan ini sudah didukung berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Seperti sudah dilakukannya vaksinasi bagi seluruh pelaku usaha di pantai selatan serta sudah dikantonginya sertifikat CHSE oleh seluruh objek wisata di pantai selatan.  

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengaku, sudah membuat surat usulan ini. Surat atas nama Bupati Bantul ini, selanjuthya akan dikirim ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Menparekraf). Selanjutnya tinggal menunggu keputusan Menparekraf. 

Selain animo wisatawan yang besar utnuk berkunjung ke pantai selatan. Pelaku wisata di pantai selatan yang paling terdampak Pandemi, mengingat pendapatan satu-satunya dari sektor pariwisata.

Dengan panjang pantai 13 kilometer serta puluhan ribu pelaku wisata, menjadikan pemilihan pantai selatan sebagai lokasi ujicoba sangat relevan. 

Kwintarto mengaku sudah menyiapkan skenario bila pantai selatan diijinkan untuk dibuka. Antara lain penggunaan kebijakan ganjil genap secara bergiliran untuk 6 objek wisata di pantai selatan. Sehingga wisatawan tetap dapat berkunjung meski menggunakan kendaraan dengan plat nomor ganjil atau genap. 

Bila dibanding objek wisata lain yang ditunjuk Pemkab Bantul sebagai lokasi ujicoba. Pantai selatan memiliki banyak keunggulan. Di antaranya jaminan kekuatan sinyal sehingga Aplikasi PeduliLindungi dapat dimanfaatkan. Penerapan pembayaran non tunai juga menjadi kelebihan yang mendukung pelaksanaan protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES