Pemerintahan

Gubernur Anies: Perjuangan Kita Hari Ini adalah Menggelar Keadilan Sosial

Senin, 20 September 2021 - 16:41 | 24.20k
Gubernur Anies Baswedan saat memperingati Rapat Raksasa IKADA, Senin (20/9/2021). (FOTO: Pemrov DKI Jakarta)
Gubernur Anies Baswedan saat memperingati Rapat Raksasa IKADA, Senin (20/9/2021). (FOTO: Pemrov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGubernur Anies Baswedan memperingati sebuah peristiwa yang mengokohkan tegaknya republik Indonesia, Rapat Raksasa IKADA, Senin (20/9/2021).

Gubernur Anies menyampaikan, 76 tahun lalu, 19 September 1945, satu bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan, sekitar 300 ribu orang berkumpul di Lapangan Ikada. Atau yang dikenal sebagai Monas sekarang.

Kata mantan Mendikbud RI itu, Ratusan ribu warga bergerak dari Jakarta dan sekitarnya memilih untuk menunjukkan sikap, bukan hanya mendukung pemimpinnya tapi menyatakan siap melawan penjajahan.

"Penduduk Jakarta waktu itu 623 ribu orang, yang berkumpul di lapangan Ikada sekitar 300 ribu orang. Bayangkan separuh kota penduduknya mengirimkan pesan: Kami menuntut kemerdekaan total dan kami siap untuk menghibahkan nyawa mempertahankan kemerdekaan yang diproklamasikan sebulan sebelumnya," kata Anies.

Ia menjelaskan, Rapat Raksasa Ikada telah mengubah pesan tentang proklamasi yang tadinya dianggap hanya ciptaan segelintir kaum intelektual di masanya.

Menurutnya, peristiwa Ikada menjadi sebuah dorongan moral kebangkitan kekuatan rakyat yang kemudian menginspirasi kebangkitan rakyat di seluruh Indonesia.

Anies Baswedan b

"Perjuangan mereka 76 tahun lalu adalah untuk menggulung kolonialisme melalui kemerdekaan. Perjuangan kita hari ini adalah untuk menggelar keadilan sosial, sebuah proses yang masih terus berjalan," jelasnya.

Mantan rektor Paramadina itu melanjutkan, melalui kemerdekaan mereka berjanji melindungi, mencerdaskan, memajukan kesejahteraan umum dan terlibat dalam ketertiban dunia. Tujuannya akhirnya di dalam pembukaan UUD 1945, menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

"Kami yang berseragam di pemerintahan punya tanggung jawab atas nama negara, punya tugas menuntaskan janji kemerdekaan itu. Mari kita sama-sama teruskan tujuan bernegara yang dicita-citakan oleh pendahulu kita pada saat mereka datang ke lapangan Ikada," katanya.

"Kita tuntaskan dengan semangat kolaborasi, dan Insya Allah mengantarkan kita pada kerja kolosal mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia," ujar Gubernur Anies Baswedan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES