Peristiwa Daerah

Percepatan Kota Malang Herd Immunity, Lanal Malang Gelar Vaksinasi Secara Rutin

Senin, 20 September 2021 - 15:45 | 38.37k
Suasana kegiatan vaksinasi di Lanal Malang yang ditujukan kepada masyarakat Kelurahan Ciptomulyo, Senin (20/9/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Suasana kegiatan vaksinasi di Lanal Malang yang ditujukan kepada masyarakat Kelurahan Ciptomulyo, Senin (20/9/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Percepatan vaksinasi guna mencapai Kota Malang Herd Immunity terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satunya adalah Pangkalan TNI AL Malang (Lanal Malang) yang ikut serta secara rutin menggelar vaksinasi bagi masyarakat umum maupun keluarga anggota TNI-AL.

Dari pantauan, saat ini Senin (20/9/2021) giliran masyarakat Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang yang mendapatkan jatah vaksinasi dosis pertama dengan jenis Sinovac.

"Kita rutin melaksanakan vaksinasi ini berdasarkan perintah dari pimpinan. Kita mendukung penuh upaya percepatan," ujar Wakil Komandan Lanal Malang, Letkol Laut Roni Sutadi mewakili Komandan Lanal Malang, Kolonel Laut (P/W) Ni Ketut Prabhawati.

Dijelaskan Letkol Laut Roni, kegiatan vaksinasi tersebut pun tak hanya dilakukan di lokasi Lanal Malang saja, akan tetapi juga dilakukan di beberapa tempat lain.

Suasana kegiatan vaksinasi B

"Sudah sejak pertengahan Juli, terus kita salurkan vaksin bagi masyarakat umum dan anggota keluarga TNI-AL. Kita pernah datang ke instansi-instansi juga. Jadi aktif bergerak ke banyak tempat," ungkapnya.

Sementara, Kepala Balai Kesehatan Lanal Malang, Lettu Laut (K) Weko Prastowo menjelaskan bahwa dalam serbuan vaksin bagi masyarakat Kelurahan Ciptomulyo ini menyasar setidaknya 6.000 sampai 8.000 orang.

"Jadi satu kelurahan ini kita counter ya. Sebenarnya ada 5. Tapi Dinkes Kota Malang memberikan tanggung jawab ke kita untuk membantu warga di Kelurahan Ciptomulyo saja," bebernya.

Dalam sehari, Lanal malang membuka layanan vaksin hingga pukul 11.00 WIB, sehungga dalam perkiraan Lettu Laut (K) Weko, vaksinasi bagi masyarakat Kelurahan Ciptomulyo dapat terlaksana dan selesai dalam dua minggu ini.

"Dari jam 08.00 WIB kita mulai. Kalau Jumat sampai Sabtu off. Jadi mereka tinggal datang membawa KTP sampai batas waktu yang ditentukan. Sehari ini kemungkinan bisa 600an vaksin disuntikan, maka untuk menuntaskan paling tidak dua mingguan," bebernya.

Para nakes dan vaksinator dalam pelaksanaan ini, semuanya murni dari Lanal Malang. Bahkan, beberapa keluarga TNI-AL juga ada yang ikut menjadi relawan.

"Pihak kita ada 23 orang. Nah mereka dibagi shift, jadi tidak hari ini ditugaskan semua. Selain itu juga ada petugas relawan, mereka itu keluarga TNI-AL," katanya.

Disamping itu, pihak Lanal Malang juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat soal vaksin dosis kedua yang dilakukan Pangkoarmada II yang berlangsung di Stadion Gajayana untuk bisa melaksanakan vaksin dosis keduanya di Lanal Malang.

Dengan antusias masyarakat untuk di vaksin, menurut Lettu Laut (K) Weko, para masyarakat tersebut ada yang melaksanakan vaksin bukan karena kebutuhan imun, namun untuk syarat dalam perjalanan dan lain halnya.

"Saya sayangkan masyarakat divaksin, karena butuh (sebagai syarat) bukan kesadaran. Sempat saya menanyakan beberapa kali pada penerima vaksin, ternyata karena sekarang kalau kemana-mana wajib vaksin, seperti ke Mal," tuturnya.

Harapannya, dengan gencarnya percepatan vaksinasi ini, nantinya bisa membuat Indonesia, khususnya Kota Malang untuk pulih dari Pandemi Covid-19. "Kami berharap semoga semua warga bisa tercover akan kebutuhan vaksin. Semoga masyarakat tetap sehat, ekonomi berjalan lancar, karena pandemi ini mengganggu semua lini," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES