Peristiwa Daerah

Capai Target, PDAM Kendal Luncurkan Program Baru

Senin, 20 September 2021 - 15:07 | 109.15k
Direktur PDAM Tirto Panguripan Kendal, Sunanto (tengah) Direktur Administrasi dan Keuangan, Didik Yudya (kiri) Direktur Teknik, Kuntaufiq (kanan), saat rapat pengurus di Kantor PDAM Kendal, Senin 20/9/2021 (Foto: Zamroni/ TIMES INDONESIA)
Direktur PDAM Tirto Panguripan Kendal, Sunanto (tengah) Direktur Administrasi dan Keuangan, Didik Yudya (kiri) Direktur Teknik, Kuntaufiq (kanan), saat rapat pengurus di Kantor PDAM Kendal, Senin 20/9/2021 (Foto: Zamroni/ TIMES INDONESIA)

TIMESINDONESIA, KENDAL – Capaian laba Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Panguripan Kabupaten Kendal (PDAM Kendal), Jawa Tengah mengalami peningkatan secara signifikan di tahun 2021.

Hal itu disampaikan oleh Direktur PDAM Kendal, Sunanto, usai rapat pengurus PDAM Tirto Panguripan Kendal, di Kantor PDAM Kendal, Senin (20/9/2021).

Sunanto menyampaikan, untuk capaian laba dibulan Juli lalu PDAM Tirto Panguripan Kendal mencapai Rp4.361 miliar dan itu melebihi dari target dalam anggaran tahun 2021, yang ditargetkan sekitar Rp3.373 miliar.

“Hingga bulan Juli lalu sudah ada kelebihan laba sebesar Rp987,588 juta. Kelebihan ini tentu dapat menunjang pembangunan daerah,” kata Sunanto.

Ia menjelaskan, tidak hanya laba saja yang meningkat, namun kuantitas jumlah pelanggan saat ini juga ikut meningkat secara signifikan yakni, mencapai 90.574 sambungan rumah.

Sunanto b

“Total produksi dari 41 sumur dan tiga sumber air milik PDAM Kendal sekitar 737,5 liter air per detik. Sementara di bulan ini juga ada peningkatan atau penambahan pelanggan sebanyak 1.500 pelanggan baru,” jelasnya.

Terkait laba, dirinya menyampaikan bahwa, jumlah laba yang harus disetorkan ke Kas daerah sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021 sebesar Rp3,489 miliar. Pada bulan Juli 2021 lalu sudah ada kelebihan laba sebesar Rp987,588 juta.

"Hingga Agustus ini PDAM Tirto Panguripan Kendal sudah menyetorkan dana sebesar Rp2 miliar. Tentu kelebihan itu dapat menunjang pembangunan daerah,” terangnya.

Lebih lanjut Sunanto menjelaskan, selain mengalami peningkatan, pihaknya juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, seperti halnya yang saat ini dilakukan pihaknya yaitu, memberi kemudahan pelanggan untuk membayar tagihan air secara online dan membuka program buat pelanggan baru.

“Mulai sekarang pembayaran di PDAM Kendal bisa melalui Kantor Pos, ATM, Indomaret dan Alfamart. Cukup melalui aplikasi Link Aja, Bukalapak, Tokopedia, Ovo, dan sebagainya. Pelanggan tidak perlu repot datang ke kantor cabang PDAM dan mengantre. Pembayaran cukup dari rumah menggunakan smartphone saja,” katanya.

Ia menambahkan, di bulan September 2021 ini, pihaknya juga membuka program baru khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (RBM).

“Program RBM ini dimulai sejak 1-27 September 2021. Dalam program RBM kita memberikan harga promo bagi pelanggan baru, dengan tarif pemasangan Rp400 ribu,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, mengapresiasi atas kinerja PDAM Kendal, yang sudah berhasil menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021 secara signifikan.

"Mudah-mudahan tidak hanya PDAM Kendal saja yang mengalami peningkatan laba di tahun ini, namun Perusda Kendal lainnya diharapkan juga bisa menaikkan labanya," paparnya seraya berharap dengan meningkatnya PAD Kendal bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Kendal.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES