Pendidikan

Bikin Aplikasi ASAP Covid-19, Tim Mahasiswa UIN Maliki Malang Raih Juara 1 LKTIN

Senin, 20 September 2021 - 14:28 | 41.91k
Pengumuman LKTIN secara virtual. Tim mahasiswa UIN Malang meraih juara 1. (FOTO: Istimewa)
Pengumuman LKTIN secara virtual. Tim mahasiswa UIN Malang meraih juara 1. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) berhasil meraih juara 1 lomba LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) Travical 2021. Mereka membuat Aplikasi Sigap Protektif Covid-19, disingkat ASAP Covid-19.

Tim mahasiswa berprestasi ini adalah Berliana Nur Khatijah dari Prodi Farmasi FKIK, Zul Fachrie dari Jurusan Teknik Informatika SAINTEK, dan Humaira Ramzi Prodi Farmasi FKIK.

"Kami semua satu angkatan 2018. Selama berproses, kami dibimbing oleh apt. Alif Firman Firdausy, S.Farm., M.Biomed," kata Berliana, Senin (20/9/2021).

Berliana menjelaskan bahwa latar belakang membuat aplikasi dalam karya ilmiahnya ini karena tingginya angka kasus Covid-19 dan kematian yang terjadi saat isolasi mandiri di rumah.

"Dari situ kami terinspirasi membuat aplikasi yang bisa membantu masyarakat yang isolasi mandiri biar mereka ngerti tata cara isolasi mandiri dan tiap hari bisa terkontrol. Ada tips juga," ujarnya.

Ia mengaku bahwa aplikasi berbasis website ini belum sempurna. Sebab itu, lanjutnya, perlu disempurnakan lagi oleh orang yang lebih ahli di bidangnya.

Selama berkomunikasi di masa pandemi, tim yang terdiri dari tiga orang ini melakukan koordinasi melalui virtual di Zoom. Meskipun beberapa kali datang ke kampus untuk bimbingan.

"Saya bersyukur bisa juara 1. Saya beberapa kali ikut lomba karya tulis tapi baru kali ini bisa sampai tahap ini. Saya akan belajar lebih baik lagi," imbuh mahasiswa semester 7 ini.

LKTIN ini digelar oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tim mahasiswa UIN Maliki Malang bersyukur dapat meraih juara 1 di ajang bergengsi ini. Mereka berharap aplikasi ini tidak digunakan lagi, artinya pandemi telah berakhir sehingga kondisi kembali telah normal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES