Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Puskesmas 1 Wangon Vaksinasi Tahap 2, dr. Haryo: 360 Warga yang Divaksin

Senin, 20 September 2021 - 12:25 | 121.58k
Kepala Puskesmas Wangon 1, dr. Haryo Saloka saat memantau dan memberi himbauan langsung tentang prokes dan vaksinasi pada salah satu warga.(FOTO: Sutrisno/TIMES Indonesia)
Kepala Puskesmas Wangon 1, dr. Haryo Saloka saat memantau dan memberi himbauan langsung tentang prokes dan vaksinasi pada salah satu warga.(FOTO: Sutrisno/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Menekan dan cegah penyebaran Covid-19, Puskesmas Wangon 1 menggelar vaksinasi tahap 2 jenis vaksin moderna untuk 360 orang warga di Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, Senin pagi (20/9/2021).

Kepada TIMES Indonesia, Kepala Puskesmas 1 Wangon dr. Haryo Saloka mengatakan vaksinasi yang dilakukan di gedung Puskesmas itu tidak lepas dari dukungan masyarakat dan stekholder terkait. Mulai dari tingkat Pemerintah desa hingga Forkopimcam yang terlibat sejak awal pelaksanaan.

“Terima kasih kami atas nama satgas kepada seluruh vaksinator,dalam beberapa hari terakhir ini, mereka yang disuntik vaksin dosis dua mulai ramai," katanya.

Puskesmas Wangon b

dr. Haryo juga mengatakan untuk vaksinasi tahapan 2 ini pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat terutama dalam hal penggunaan masker yang wajib bagi siapapun yang masuk area puskesmas. Selain itu disediakan pula tempat cuci tangan hand sanitizer, serta disediakan kursi antrean dengan jaga jarak.

"Kami tetap menghimbau masyarakat yang vaksin maupun yang masuk area puskesmas untuk mentaati protokol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak aman saat antre,"terangnya.

Usai divaksin tahap 2 vaksin Moderna, salah satu warga Tinggarjaya bernama Sutrisno  mengatakan vaksinasi sebagai pencegahan dini terhadap Covid-19.

"Minimal saya jadi percaya diri bahwa kesehatan menjadi hal penting untuk saya dan ini juga sebagai kepatuhan terhadap anjuran pemerintah," katanya.

Sementara itu, Koordinator vaksinasi massal tahap 2 ,Hj.Titin Listiyoningsih A.Md.Keb yang juga ketua Ikatan Bidan Indonesia se Kawedanan Jatilawang mengatakan dalam beberapa hari terakhir ini, mereka yang disuntik vaksin dosis dua mulai ramai.

Titin juga menjelaskan agar masyarakat yang telah divaksin Moderna bila terjadi gejala usai vaksinasi seperti demam, badan terasa lelah, sakit kepala, nyeri persendian agar minum air putih minimal 2 liter perhari, gunakan pakaian yang sejuk dan kurangi makanan pedas, asam, dan bagi pria kurangi merokok.

Puskesmas Wangon c

"Biasanya ada gejala usai divaksin Moderna seperti demam, badan terasa lelah dan sakit kepala, namun itu sifatnya hanya sementara," terangnya.

Ditambahkan untuk memahami gejala usai vaksin pihak Puskesmas Wangon 1 juga telah membagikan selebaran tentang vaksin Moderna. "Intinya bahwa vaksinasi tidak menyebabkan sakit Covid-19," kata Titin.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES