Peristiwa Daerah

Jaam Festival Latber Channa Limbata Ajang Adu Cantik Ikan Gabus

Senin, 20 September 2021 - 11:22 | 618.42k
Juri sedang melakukan penilaian terhadap ikan-ikan Channa. (FOTO: Fitria Fanania Prasetiya/TIMES Indonesia)
Juri sedang melakukan penilaian terhadap ikan-ikan Channa. (FOTO: Fitria Fanania Prasetiya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – 40 Akuarium berisi ikan gabus atau snakehead berjajar rapi di Pasar Pintar Joyo Utomo, Kota Malang, Jawa Timur Minggu (19/9/2021). Ikan gabus jenis Channa Limbata ini sedang adu cantik untuk mendapat gelar terbaik dalam ajang latihan bersama atau Latber ikan channa Limbata. Kontes bertajuk Latber Jaam Festival ini diadakan komunitas ikan predator khususnya pecinta ikan gabus di Malang Raya.

Jaam Festival dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 15 hingga 19 September 2021 dengan Latber Channa Limbata sebagai acara utama. Jenis ikan yang diikut seratakan adalah Channa Limbata, ikan gabus lokal yang banyak ditemukan di perairan air tawar di Indoesia.

Latber ini dikhususkan untuk para pemula karena jenis Channa yang diikutkan hanya 1 jenis saja yaitu Limbata. Walau begitu, festival ini masih ramai peminat. Dibuktikan dengan jumlah ikan Channa yang diikutkan latber ini mencapai 40 ekor.

Pemenang-Latber-Ikan-Channa-Limbata-mendapat-piagam.jpgPemenang Latber Ikan Channa Limbata mendapat piagam. (FOTO: Maula Zahra/TIMES Indonesia)

Latber yang bertempat di Pasar Pintar Joyo Agung, Merjosari ini dimulai sejak hari pertama yaitu hari Rabu dengan kegiatan  penempatan ikan-ikan di aquarium yang disediakan oleh panitia. Pada hari kedua dan ketiga tidak ada kegiatan khusus, hanya sebagai waktu untuk adaptasi ikan-ikan. Pada hari keempat yaitu hari Minggu menjadi puncak acara dari festival ini.

Puncak acara Jaam Festival dimulai pada pukul 09.00 WIB saat puluhan ikan gabus ini dinilai oleh dua juri nasional, Setyo P dan Rendik P. Untuk penilaian, dilihat dari berbagai aspek adaptasi, mental, warna, rim, dan anatomi.

Setelah juri melakukan penilaian, acara dilanjut dengan acara lelang ikan yang disambut antusias oleh para penghobi ikan hias. Acara selanjutnya yaitu pengumuman pemenang latihan bersama ini. Pemenang kontes ini terdiri dari juara 1, 2, dan 3 dengan total hadiah fresh money sebesar Rp1 juta.

Channa-Limbata.jpgChanna Limbata. (FOTO: ikanesia.id)

Setelah rangkaian acara latber berakhir, area dibuka untuk umum dan langsung diserbu oleh pecinta ikan gabus hias yang ingin melihat lebih dekat. Suasana pasar jadi lebih ramai dan padat

"Pengunjung untuk acara hari ini bisa sampai lebih dari 150 orang" ucap Arthur, sebagai salah satu panitia penyelenggara

Beberapa pengunjung menyatakan senang dengan diadakannya festival ini. Mereka berharap, kontes yang lebih besar bisa lebih sering dilakukan. Tentunya dengan menyajikan banyak kelas atau jenis ikan gabus dan juga levelnya, yakni tingkat Jawa Timur.  "Acaranya sangat seru sekali dan juga saya menikmati acaranya," tutur Ferdy, penghobi ikan predator jenis  ikan channa sekaligus peserta latber.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES