Wisata

Sumber Koso di Ngawi, dari Tempat Penuh Mitos Jadi Wisata Mempesona

Senin, 20 September 2021 - 06:03 | 1.20m
Sumber koso, wana wisata baru di Kabupaten Ngawi yang menyajikan asri alami gunung Lawu. (FOTO: M.Miftakul/TIMES Indonesia)
Sumber koso, wana wisata baru di Kabupaten Ngawi yang menyajikan asri alami gunung Lawu. (FOTO: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Gunung Lawu memiliki sumber air yang melimpah. Salah satunya Sumber Koso. Mata air asri ini berada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Letaknya tidak jauh dari kebun teh Jamus.

Potensi sumber air yang melimpah berhasil disulap oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat jadi tempat wisata yang mempesona. Pengunjung pun berduyun-duyun demi menikmati suasana alam yang asri.

ekor-ikan-koi-berbagai-warna.jpgDi area sumber mata air dibangun kolam penampungan air, terdapat puluhan ekor ikan koi berbagai warna. (FOTO: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

Sebelum menjadi wana wisata, Sumber Koso dikenal sebagai tempat yang wingit. Banyak mitos bersliweran bagi mereka yang percaya. Seperti penuturan Hartono, salah satu pengelola sekaligus anggota Pokdarwis desa itu.

"Ada yang bilang, siapa saja yang mandi disana bisa awet muda," ungkap Hartono kepada TIMES Indonesia, Minggu (19/9/21).

Tradisi menyucikan gaman, alat-alat pusaka juga sering dilakukan disana. Selain itu, bagi praktisi supranatural, Sumber Koso juga dikenal sebagai sumbernya gaman beraneka ragam.

Mitos lain, ranting dan dahan pohon di area sekitar sumber air tidak akan patah saat ada orang. "Biasanya jatuh tanpa ketahuan, sampai sekarang masih seperti itu," jelas Hartono.

Suasana-alam-yang-asri-alami-di-sumber-koso.jpgSuasana alam yang asri alami di sumber koso, jadi magnet penikmat wisata alam. (FOTO: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

Pada hari tertentu, masyarakat sekitar juga masih menggelar tradisi nyadran sekaligus bersih desa. Biasanya mereka lakukan setahun sekali, bersama pamong desa dan masyarakat sekitar sumber air.

Kesan wingit dan menyeramkan kini sudah dihilangkan. Sumber Koso sudah berbenah sejak tahun 2016 lalu. Sadar akan potensi, area yang berada di hutan milik Perhutani itu disolek makin rapi.

"Kita tidak merubah alam, kita hanya menata agar menjadi tempat wisata yang nyaman," terang Hartono.

Pertama kali datang, pengunjung akan disambut deretan pohon pinus. Taman dengan berbagai tanaman hias menambah kesan indah arena wisata. Lahan sekitar lokasi juga dibuat natural. Rerumputan hijau menambah kesan menyejukkan.

Permainan yang memacu adrenalin pun disediakan. Seperti jembatan gantung antar pepohonan dijamin menambah keseruan kala berwisata. Ada juga arena Flying Fox di sekitar lokasi.

Suasana asri alami gunung Lawu bikin betah berlama-lama. Udara gunung yang dingin menyejukkan, rindangnya pepohonan pinus sebagai nilai plus wana wisata yang termasuk baru di Kabupaten Ngawi ini.

Sajian utama tentu saja sumber airnya. Disana terdapat kolam untuk menampung limpahan sumber mata air yang sangat jernih. Dalam kolam, hidup puluhan ekor ikan koi dengan berbagai warna. "Pengunjung bisa memberi makan ikan, pakan kita sediakan," ujarnya.

Spot lain, yakni berupa area camping. Pengunjung bisa memasang tenda dan menikmati malam dengan suasana alam asri gunung Lawu.

Untuk menikmati keindahan dan kenyamanan Sumber Koso, pengunjung hanya ditarik Rp5 ribu sebagai ganti dana kebersihan. "Kalau untuk camping sehari semalam hanya Rp7 ribu, fasilitas penunjang juga sudah kita sediakan," ungkapnya.

Selain untuk wisata, air Sumber Koso juga dimanfaatkan untuk irigasi pertanian warga sekitar. Warga sekitar juga memanfaatkan jernihnya air sumber untuk mencukupi kebutuhan masak ataupun minum.

Berminat berwisata ke Sumber Koso di Ngawi? Lokasinya persis dekat dengan kebun teh Jamus. Selain itu, akses jalan masuk juga sudah mulus sehingga mudah untuk dilalui. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES