Kuliner

Berburu Lezat Gurih Es Kopi Susu Tetangga di Toko Kopi Tuku Surabaya

Senin, 20 September 2021 - 05:30 | 211.14k
Es Kopi Susu Tetangga ini viral karena rasanya yang lezat dan sempat mendapat pujian dari Presiden Jokowi, Minggu (19/9/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Es Kopi Susu Tetangga ini viral karena rasanya yang lezat dan sempat mendapat pujian dari Presiden Jokowi, Minggu (19/9/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Penikmat minuman kekinian kini bisa mencoba kelezatan kopi susu gula aren dengan paduan rasa super gurih, creamy dan manis di Toko Kopi Tuku Surabaya

Varian tersebut merupakan produk signature. Mungkin dalam sekali coba pengunjung bakal langsung bergumam bagaimana ada kopi seenak ini. Maka tak heran, jika Presiden Jokowi pernah memuji saat berkunjung pada 2017 silam.

Andanu Prasetyo, Owner Toko Kopi Tuku memang melakukan riset mendalam sejak membuka usaha di Cipete Jakarta pada 2015. Ia meneliti kesukaan warga sekitar. Kemudian bersama barista meracik produk bernama Es Kopi Susu Tetangga. 

Toko Kopi Tuku menyebut para pelanggannya sebagai Tetangga Tuku. Karena pada awalnya minuman es kopi susu kekinian tersebut belum menjadi menu utama saat empat bulan pertama Toko Kopi Tuku berdiri. 

Es Kopi Susu dengan gula aren hadir karena Andanu Prasetyo sebagai founder terus menerus meracik minuman dingin berbasis kopi yang diminta oleh para pelanggan awal. 

Es Kopi Susu Tetangga kemudian menjadi sebuah minuman kopi perpaduan es, kopi, susu dan gula aren yang dibagikan kepada tetangga sekitar. 

Dalam perjalanannya, Toko Kopi Tuku kemudian menjadi minuman favorit yang dapat dinikmati oleh kalangan banyak, dengan bantuan gotong royong tetangga yang kerap bercerita mengenai secangkir kopi favoritnya. 

"Sampai pada akhirnya Es Kopi Susu Tetangga yang kita kenal sekarang sebagai bentuk kesepakatan akan rasa yang disukai bersama oleh pelanggan-pelanggan awal Toko Kopi Tuku," katanya saat soft opening toko ke-18 di SPBU AKR Gubeng Surabaya, Minggu (19/9/2021). 

Menu ini akhirnya mengawali jejak Toko Kopi Tuku dalam memperkenalkan rasa kopi dengan gula aren kepada masyarakat. Sekaligus sebagai bentuk cita-cita untuk ikut serta dalam meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia. 

Es-Kopi-Susu-Tetangga-2.jpgFounder dan Owner Toko Kopi Tuku, Andanu Prasetyo saat soft opening toko ke-18 di SPBU AKR Gubeng Surabaya, Minggu (19/9/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

Hal ini membuat Toko Kopi Tuku bermimpi agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan apresiasi terhadap kopi lokal serta meningkatkan konsumsi kopi bagi Indonesia yang baik bagi hulu dan hilir.

Berawal dari sebuah toko kopi kecil untuk tetangga yang berasal dari Jakarta Selatan di tahun 2015, sampai saat ini Toko Kopi Tuku sudah memiliki 17 toko untuk Tetangga Tuku dan 12 toko khusus pembelian online di daerah Jabodetabek.

Memasuki Tahun ke-6 Toko Kopi Tuku memilih Surabaya untuk cabang pertama di luar Jabodetabek. Surabaya menjadi pilihan kota pertama di luar Jabodetabek karena Andanu Prasetyo pernah membantu teman untuk membangun kafe di daerah Surabaya Barat pada tahun 2015. Apalagi ia juga mempunyai beberapa teman dekat yang juga dari berasal dari Surabaya. 

Dia mengaku, skema sektor F&B (food & beverages) Surabaya juga sudah jauh lebih seru dan menarik dibanding 6 tahun lalu. Dengan kombinasi tersebut, membuat Andanu yakin untuk membuka cabang di Surabaya.

Toko Kopi Tuku mulai menyapa Tetangga Tuku Suroboyo pada Minggu, 19 September 2021 berlokasi di SPBU bp Gubeng.

Sebagai informasi, Toko Kopi Tuku memang mempunyai kerja sama dengan bp AKR Indonesia dan ini akan menjadi cabang Tuku ke-4 di SPBU bp.

"Toko Kopi Tuku sangat antusias untuk bertemu sekaligus berkenalan dengan tetangga sekitar lewat silaturahmi langsung," ujarnya. 

Toko Kopi Tuku Surabaya buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB dan melayani pemesanan take away dari Tetangga Tuku Surabaya. 

"Saat ini kami juga sedang mencari lokasi untuk membuat Toko Kopi Tuku di luar SPBU di Surabaya, kami juga terus mendengarkan saran dari Tetangga Tuku Surabaya untuk pemilihan lokasi-lokasi lainnya," ujar Andanu Prasetyo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES