Peristiwa Daerah

Cegah Covid-19, FORTASI Ingatkan Kembali Prokes Melalui Program Sargab

Minggu, 19 September 2021 - 15:14 | 31.79k
Fortasi saat bagikan sarapan gratis pada warga terdampak Covid-19 di Adipala. (FOTO: Eddy Wahono for TIMES Indonesia)
Fortasi saat bagikan sarapan gratis pada warga terdampak Covid-19 di Adipala. (FOTO: Eddy Wahono for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Forum Relawan Lintas Organisasi (Fortasi) dengan Program SARGAB, berkomitmen membantu warga yang saat ini tengah kesulitan. Demikian ungkap Eddy Wahono penasehat Fortasi kepada TIMES Indonesia, Minggu (19/9/2021).

Menurutnya, pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tidak hanya sebatas mengandalkan peran pemerintah baik di desa hingga pusat. Namun harus ada masyarakat melalui kelompok atau organisasi yang ikut berperan. Karena pemerintah pun mempunyai prosedur yang harus dijalankan.

"Pandemi Covid-19 ini tidak melulu harus mengandalkan pemerintah, namun masyarakat juga harus tergugah untuk memutus mata rantai penyebarannya," ungkap Eddy.

Ditambahkan Eddy Wahono yang pernah meraih penghargaan TIMES Award ini, pihaknya bersama Fortasi gencar mengajak warga untuk melakukan prokes seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Jaga prokes itu wajib hukumnya dimasa pandemi ini,"btegasnya.

Fortasi a

Bersama relawan relawam muda ada kegiatan rutin untuk meringankan beban ekonomi di masyarakat. Yakni Setiap hari jumat melakukan kegiatan sosial yang dinamakan SARGAB atau Sarapan Gratis bersama Meraih Berkah bersama Serayu Resque, MDMC, MTA, Banser, SAR Community dan Gerpik.

"Ini sebuah program kemanusiaan dari warga untuk warga menyiapkan sarapan gratis terutama bagi terdampak Covid-19 seperti keluarga yang terkena PHK atau yang isoman,"jelasnya.

Ditambahkan, kegiatan ini SARGAB di rasakan secara langsung oleh masyarakat sekitar dan tidak hanya untuk Sosial tapi juga untuk bersedekah kepada sesama.

"Pada kondisi situasi Pandemi Wabah Covid 19 kami mengupayakan giat kemanusiaan walau kecil namun bisa tepat guna dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkannya," jelas Eddy.

Fortasi b

Sementara Tri Ageng selaku koordinator program ini SARGAB menjelaskan setiap har jumat pihaknya menyiapkan minimal 150 nasi bungkus yang diperoleh dari orang orang yang peduli dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Terima kasih kepada orang-orang baik yang telah menyisihkan rejekinya dan mendukung berjalanya kegiatan yang tujuan kita yaitu untuk membantu pedagang kecil yang terdampak pandemi Covid-19," kata koordinator program ini SARGAB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES