Peristiwa Internasional

Wisata Luar Angkasa Terwujud, SpaceX Inspiration4 Membuktikannya

Minggu, 19 September 2021 - 15:08 | 37.98k
Kuartet astronot dari warga sipil yang baru dibentuk ikut misi SpaceX Inspiration4 akhirnya dengan aman mendarat dengan kapsul Crew Dragon SpaceX di lepas pantai Kennedy Space Center, Florida, AS 18 September 2021. (FOTO :Reuters)
Kuartet astronot dari warga sipil yang baru dibentuk ikut misi SpaceX Inspiration4 akhirnya dengan aman mendarat dengan kapsul Crew Dragon SpaceX di lepas pantai Kennedy Space Center, Florida, AS 18 September 2021. (FOTO :Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berwisata di luar angkasa akhirnya benar-benar terwujud setelah empat warga biasa yang baru dibentuk sebagai astronot dalam misi SpaceX Inspiration4 dengan selamat mendarat di lautan Atlantik di lepas pantai Florida, Sabtu (18/9/2022/1).

Dilansir Reuters, mereka adalah warga sipil biasa pertama yang telah berhasil menyelesaikan penerbangannya selama tiga hari mengelilingi orbit Bumi.

Kapsul SpaceX's Crew Dragon, yang dijuluki Resilience, yang membawa empat orang ini terjun ke laut sekitar pukul 19:00 pada hari Sabtu (waktu setempat), sesaat sebelum matahari terbenam, setelah turun kembali secara otomatis.

Penerbangan tiga hari itu menempatkan empat turis luar angkasa, termasuk seorang perawat, seorang profesor dan seorang insinyur ke dalam orbit Bumi.

Kapsul itu kembali mengikuti orbit Bumi kemudian terjun melalui atmosfer bumi dan menciptakan panas akibat gesekan antara body kapsul dengan atmosfer yang menghasilkan suhu hingga 1.927 derajat Celcius.

SpaceX Inspiration4 bAwak Inspiration4 Jared Isaacman, Sian Proctor, Hayley Arceneaux, dan Chris Sembroski, terlihat pada hari pertama mereka di luar angkasa dalam foto selebaran ini yang dirilis pada 17 September 2021.(FOTO: ABC News)

Pakaian penerbangan para astronot warga sipil  yang dikenakan itu dirancang khusus agar tetap dingin ketika kabin kapsul itu memanas dengan sistem ventilasi khusus.

Tepuk tangan terdengar dari pusat kendali penerbangan SpaceX di pinggiran kota Los Angeles, Amerika Serikat saat parasut pertama terlihat menyebar, memperlambat penurunan kapsul menjadi sekitar 24 kilometer per jam sebelum jatuh, dan sekali lagi saat pesawat menghantam air.

Penerbangan luar angkasa pertama tanpa astronot profesional di dalamnya mewakili "era baru untuk penerbangan dan eksplorasi ruang angkasa manusia".

Kapal laut untul pemulihan dari SpaceX terlihat mendekati Crew Dragon yang kedap air saat ia terombang-ambing tegak di tengah laut. Sementara tim pengambilan memanjat kapsul, memasang tali-temali sebelum mengangkatnya keluar dari air.

Anggota kru dikeluarkan dari kapsul setelah ditempatkan dengan aman di kapal pemulihan terapung.

Setelah menjalani pemeriksaan medis di laut, keempat astronot amatir tersebut akan diterbangkan dengan helikopter kembali ke Cape Canaveral untuk bertemu kembali dengan orang-orang terkasih, kata SpaceX.

SpaceX, perusahaan peroketan swasta yang didirikan oleh CEO pembuat mobil listrik Tesla Inc Elon Musk, memasok pesawat ruang angkasa, meluncurkannya dari Florida dan menerbangkannya dari markas besar perusahaan di pinggiran kota Los Angeles.

Tim Inspiration4 meluncur pada hari Rabu dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral di atas salah satu roket Falcon 9 dua tahap SpaceX yang dapat digunakan kembali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES