Pemerintahan

Hasil Perikanan Pulau Bawean Gresik Berpeluang Ekspor

Minggu, 19 September 2021 - 14:58 | 73.40k
Perahu nelayan saat sandar di Pulae Bawean. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Perahu nelayan saat sandar di Pulae Bawean. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Melimpahnya hasil perikanan Pulau Bawean Gresik membuat pemerintah daerah mendorong agar komoditas tersebut bisa diekspor. 

Untuk mempercepat rencana tersebut, pemerintah bersama Bea Cukai serta UMKM Gading Emas memberikan sosialisasi prosedur praktek ekspor.

Kasi Kepabeanan dan Cukai B KPP Bea Cukai Gresuk, Eko Rudi Hantono menyampaikan Kerapu dan Lobster selama ini telah punya pasar di luar negeri, seperti Singapura dan Hongkong. 

Hasil Perikanan Pulau Bawean Gresik Berpeluang Ekspor b

"Namun aktivitas ekspornya masih melalui perantara di Surabaya. Sehingga warga Bawean akan mendapat keuntungan yang lebih besar daripada melalui perantara," katanya pada Minggu (19/9/2021).

Eko Rudi juga menyampaikan UMKM Perikanan Bawean harus terus didorong agar bisa Go Internasional. Yang penting warga harus punya tekad berani melakukan ekspor, nanti dibantu oleh pemerintah.

Bisnis ekspor, kata Agus memiliki banyak keuntungan, diantaranya memperluas pasar produk Indonesia, menambah devisa negara, memperluas lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan warga.

Untuk itu menurutnya, UMKM Bawean harus memiliki produk unggulan yang diminati pasar luar negeri. Lalu kemudian mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS (One Single Submission). 

"Modul ekspor dan cara pengisian modul, nantinya akan difasilitasi secara gratis oleh kami. Dilatih mengisi dokumen ekspor dan lain sebagainya," ujarnya didampingi Kasi Promosi dan Pengembangan Perdagangan Luar Negeri, Diskoperindag Gresik, Sunik.

Salah satu pelaku UMKM Perikanan dari Desa Kotakusuma, Nandang merasa tertantang untuk bisa mengikuti arahan Dinas Koperasi dan KPP Bea Cukai untuk bisa ekspor sendiri. 

"Kami bersama komunitas pembudi daya Kerapu dan Lobster dari Pulau Gili Noko Desa Sidogedungbatu, akan menjajagi peluang ekspor ini," tambah dia.

Sementara Camat Sangkapura, Muhammad Syamsul Arifin berterima kasih kepada Bupati Fandi Akhmad Yani yang telah menggelar acara ini di Kecamatan Sangkapura.

"Kegiatan ini adalah salah satu terobosan baru untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," tutupnya menanggapi hasil perikanan Pulau Bawean Gresik berpeluang ekspor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES