Peristiwa Daerah

Melantik PC PMII Pacitan, Ini Pesan Ketum PB PMII

Minggu, 19 September 2021 - 13:54 | 121.67k
Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri atau Gus Abe memberikan sambutan dalam pelantikan PC PMII Pacitan masa khidmat 2021-2022. (foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri atau Gus Abe memberikan sambutan dalam pelantikan PC PMII Pacitan masa khidmat 2021-2022. (foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur masa khidmat 2021-2022 resmi dilantik oleh Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri atau akrab disapa Gus Abe di Aula Gedung Kampus STAINU Pacitan, Minggu (19/9/2021).

Ketum terpilih dalam Kongres Ke-XX PMII di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 23 Maret 2021 tersebut berpesan agar PMII Pacitan terus membawa perubahan positif dari sisi pergerakan dan kaderisasi. 

"Ya, tentunya pengurus yang baru dilantik ini bisa membawa perubahan positif melalui program kerja kedepan, baik dari sisi pergerakan dan kaderisasi," katanya.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu  mendorong para pengurus dan kader PMII untuk berani mengambil sikap sebagai langkah konkret tanpa merubah substansi. 

PB PMII b

"Saya terus mendukung langkah progresif lebih maju tanpa merubah nilai integritas dan substansi ajaran ideologis PMII," imbuhnya. 

Ia juga menekankan kepada seluruh pengurus PMII Pacitan yang baru dilantik dapat mengembangkan metode-metode kaderisasi baru, metode gerakan baru, metode dakwah baru, yang  disesuaikan dengan konteks zaman serta kebutuhan yang ada.

"Saya tekankan sahabat-sahabat ini dapat berkembang dan berinovasi dengan metode taktis yang disesuaikan dengan konteks kearifan lokal serta memanfaatkan potensi sumber daya yang ada," jelasnya. 

Kader PMII, lanjut Gus Abe, juga harus menjadi pribadi yang menjunjung tinggi profesional. "Misalnya, bila jadi dosen, jadilah dosen yang profesional. Bila jadi ASN, jadilah ASN yang profesional dan yang lainnya. Kader PMII sendiri telah menyebar di berbagai lini kehidupan," terangnya dalam sambutan pelantikan PC PMII masa khidmat 2021-2022.

Lebih lanjut, dirinya mengimbau seluruh Pengurus Cabang PMII Pacitan mampu memaksimalkan aksi nyata dan ruang gerak pada sektor-sektor penting dalam segala bidang. 

"Kepada pengurus PC PMII Pacitan yang baru, saya berpesan agar segera melakukan aksi-aksi nyata dan juga mewujudkan karya-karya pergerakannya di berbagai macam bidang, seperti bidang ekonomi, politik, pendidikan, kebudayaan, keagamaan, dan sebagainya," ucap Ketum PB PMII dengan penuh semangat. 

Sementara itu, Ketua PC PMII Periode 2021-2022, Indra Hermawan menyatakan siap menjalankan amanah sebagai nahkoda baru organisasi mahasiswa perisai bintang sembilan ini. 

Terkait program PMII Pacitan ke depan, menurut Indra, pihaknya bakal fokus pada penguatan kaderisasi serta memberikan kontribusi nyata untuk bangsa. Ia juga mengajak kader PMII selalu berpikir cerdas, bertutur sopan, dan nyata dalam gerakan.

"Kami mempunyai pilot project untuk kaderisasi ke depan, terkhusus dalam mengembangkan PMII di seluruh wilayah Kabupaten Pacitan. Karena mau tidak mau kita akui selama ini masih stagnan," katanya kepada TIMES Indonesia. 

Indra menyatakan dalam satu tahun ke depan, pihaknya akan menambah komisariat meski baru persiapan dengan pola baru seperti pesantren. 

"Sebagaimana dikatakan Ketum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri tadi, di Pacitan sendiri memang memiliki tipologi dan kekhasan sebagai pola baru dalam kaderisasi. Kami juga memiliki potensi kader di kampus bercorak pesantren, seperti Ma'had Aly Al Tarmasi," ungkapnya. 

Terakhir ia mengapresiasi langkah PB PMII dengan harapan lebih perhatian kepada PC PMII pedesaan seperti Pacitan melalui program-programnya yang progresif. 

PB PMII c

"Terima kasih, PB PMII selalu mensupport kami dalam mengembangkan potensi kader dengan harapan, segala program mampu dirasakan secara menyeluruh. Sehingga lebih maju," tutup Indra Hermawan usai dilantik bersama jajaran PC PMII Pacitan. 

Selain Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri, pelantikan PC PMII Pacitan tersebut juga dihadiri oleh undangan dari jajaran PCNU, IKA PMII, PC Muslimat NU, PC Fatayat NU, PC IPNU dan IPPNU juga Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji memberikan ucapan selamat melalui aplikasi zoom. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES