Kesehatan

Hindari Infeksi, Cerdas Pilih Pembalut  Saat Menstruasi

Sabtu, 18 September 2021 - 08:37 | 46.27k
Dokter Grace Hananta, C.Ht menjadi narasumber dalam talkshow bertajuk Pentingnya Edukasi Kesehatan Kewanitaan Saat Menstruasi pada Jumat (17/9/2021) petang. (Foto: tangkapan layar)
Dokter Grace Hananta, C.Ht menjadi narasumber dalam talkshow bertajuk Pentingnya Edukasi Kesehatan Kewanitaan Saat Menstruasi pada Jumat (17/9/2021) petang. (Foto: tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, SURABAYAMenstruasi adalah proses biologis yang normal dialami oleh perempuan. Siklus menstruasi setiap perempuan berbeda-beda meski umumnya sekitar 28 hari. 

Idealnya pengetahuan tentang menstruasi harus sudah diberikan kepada setiap anak perempuan sebelum mendapat menstruasi untuk pertama kalinya.

Dokter Grace Hananta, C.Ht mengatakan, edukasi kesehatan kepada masyarakat kembali digaungkan pemerintah melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Grace mengaku senang karena salah satu materinya, pengetahuan tentang menstruasi diperkenalkan melalui elemen pendidikan kesehatan dalam Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. 

"Sehingga diharapkan setiap perempuan memiliki pemahaman yang cukup mengenai kesehatan kewanitaan dan menstruasi," kata dr. Grace Hananta saat talkshow bertajuk Pentingnya Edukasi Kesehatan Kewanitaan Saat Menstruasi pada Jumat (17/9/2021) petang.

Flowra

Kebersihan area kewanitaan pada saat menstruasi diakui oleh dr. Grace Hananta, harus lebih diperhatikan karena tingkat kelembaban area kewanitaan menjadi bertambah sehingga meningkatkan resiko masalah kesehatan seperti infeksi bakteri.

Maka, penting sekali untuk menjaga kesehatan area kewanitaan saat menstruasi di mana risiko infeksi meningkat. Disarankan untuk mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali dan sebaliknya pilih pembalut berbahan natural serta tidak mengandung pemutih, klorin, kertas daur ulang atau sembarang bahan kimia. 

"Area kewanitaan juga harus dibersihkan dengan pembersih khusus kewanitaan berupa antiseptik yang pH-nya sesuai kondisi area kewanitaan," kata dr. Grace lebih lanjut.

Pembalut yang nyaman dan dapat mengikuti gerak aktif tubuh, juga dapat memudahkan kaum perempuan beraktivitas tanpa batas di saat menstruasi. Misalkan saat yoga. 

Dalam kesempatan talkshow tersebut, praktisi yoga Silvia Hendarta menyarankan untuk melakukan gerakan yoga santai apabila ada rasa tak nyaman lainnya. 

"Melakukan yoga saat menstruasi boleh dilakukan, bahkan ada gerakan tertentu yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman seperti pusing, kram perut, kembung, atau pegal di pinggang. Gerakan yang dilakukan haruslah yang santai dan hindari melakukan gerakan core strenght selagi menstruasi," kata Silvia yang memiliki Diploma of Yoga dari Satyananda Yoga dan terdaftar sebagai E-RYT 500 di Yoga Alliance International.

Sementara Ade Sarah, ibu dari dua putri yang salah satunya telah remaja, memandang penting edukasi tentang menstruasi dan kesehatan reproduksi. Edukasi tentang cara memilih pembalut wanita yang nyaman dan memiliki daya serap yang tinggi, juga sangat penting, karena gaya hidup aktif dan sehat kini juga semakin meluas dipraktikkan.

Flowra a

"Gaya hidup aktif, sehat dan bersih, adalah kunci utama bagi kita semua untuk tetap dapat sehat, aktif dan berkarya, termasuk di masa pandemi sekarang ini. Di rumah, kami biasanya berdialog dengan putri-putri kami, agar mereka paham, dan tetap bisa beraktivitas secara nyaman," kata Ade Sarah yang sehari-harinya bertugas sebagai General Manager, Marketing Retail Company.

Karena pembalut sebagai benda paling penting saat menstruasi, maka para perempuan harus jeli. Pilih pembalut yang ramah lingkungan dan tanpa bahan kimia seperti Flowra Sanitary Pads yang diluncurkan oleh PT Feniks Indonesia Sukses saat talkshow tersebut. 

Allan Loi, Presiden Direktur PT Feniks Indonesia Sukses mengatakan, Flowra Sanitary Pads dibuat dari bahan alami yang ramah lingkungan, dan tidak mengandung fluorescent atau bahan kimia termasuk chlorine. 

"Semua varian Flowra Sanitary Pads telah mendapatkan sertifikasi dan terdaftar pada Kemenkes – IPAK. Inilah produk kebanggaan kami yang dapat membantu wanita Indonesia menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaannya serta tetap merasa nyaman saat menstruasi," jelasnya. 

Ia menambahkan, Flowra Sanitary Pad berdesain tipis dan ringan, sehingga memberikan sensasi seolah tidak mengenakan pembalut.  Bahkan kemampuannya menyerap cairan 4 kali lebih cepat dan 3 kali lebih tinggi dibandingkan pembalut lain yang beredar di Indonesia. Sehingga memberi perlindungan yang nyaman dan bebas rasa cemas. 

Kepedulian terhadap hal ini menurut Allan Loi, juga mendorong Flowra Sanitary Pads untuk menerbitkan buku saku tentang Edukasi Pengetahuan Tentang Menstruasi. 

"Kami ingin agar Flowra Sanitary Pads dapat menemani perempuan Indonesia menjalankan aktivitasnya secara nyaman sambil tetap menjaga kesehatan area kewanitaannya, terutama saat menstruasi. Kami setiap minggu di hari Jumat akan melakukan talkshow di platform Zoom Live, Facebook Live & YouTube Live yang juga membahas seputar kesehatan wanita dan gaya hidup sehat," kata Allan Loi mengimbuhkan. 

Flowra Sanitary Pad sendiri tersedia dalam 3 varian. Flexi Fit menggabungkan desain inti bersuspensi yang fleksibel dan pas di badan untuk memberikan perlindungan kebocoran dari samping yang lebih baik, lebih aman dan lebih nyaman. 

Desain 3D yang unik dan proses perforasi menciptakan permukaan yang lebih lembut dan halus. Berdaya serap luar biasa dan cocok untuk wanita dengan gaya hidup aktif. 

Soft Touch Pembalut yang terasa adem dan menyegarkan akrena terbuat dari kapas murni pilihan berkualitas tinggi untuk membuat Anda merasakan perasaan lembut alami layaknya sutra. Magic Composite Absorber memungkinkan pembalut menyerap dengan cepat sehingga tetap aman dan nyaman walaupun tipis. 

Safeguard terbuat dari serat bamboo alami yang secara natural bersifat Bacteriostatic sehingga mencegah perkembangan bakteri. Serat bamboo tak hanya terasa lembut dan nyaman di kulit namun juga mencegah iritasi dan alergi. Cocok dikenakan saat menstruasi bagi untuk Anda yang berkulit sensitif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES