Gaya Hidup

Wah, Orang yang Tinggal di Desa Lebih Bahagia Lho

Sabtu, 18 September 2021 - 04:38 | 283.81k
Suasana Pedesaan (FOTO: Saravut Whanset via brilio)
Suasana Pedesaan (FOTO: Saravut Whanset via brilio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penelitian terbaru yang dilakukan di Kanada membuktikan orang yang tinggal di desa lebih bahagia dibandingkan mereka yang hidup di kota besar. Mengapa tinggal di desa hidup lebih bahagia?

Dilansir dari Dokter Sehat, penelitian yang dilakukan dengan cara mensurvei 400 ribu orang dari negara Amerika Utara ini menghasilkan fakta bahwa kota besar memang menawarkan gaji lebih besar, level pendidikan lebih tinggi, dan level pengangguran yang lebih rendah. Namun, hal ini sama sekali tidak membuat warga kota lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tinggal di pedesaan atau kota kecil.

Menurut para peneliti dari McGill University, Montreal dan Vancouver School of Economics, Vancouver, tinggal di desa bisa membuat seseorang lebih berbahagia 8 kali lipat jika dibandingkan dengan tinggal di kota.

SUasana-Pedesaan-A.jpgAnak-anak sedang bermain air (FOTO: Pinterest)

Para peneliti meminta partisipan yang terlibat untuk memberikan skala 1 hingga 10 dari berbagai pertanyaan yang diajukan dalam survei. Hasilnya adalah, kebanyakan orang memberikan angka 7,04 hingga 8.94. Namun, terdapat sebuah hal yang sangat jelas dari perbedaan antara masyarakat pedesaan dan perkotaan, yakni rasa bahagia.

Menurut para peneliti, hal ini sepertinya dipengaruhi oleh kekuatan komunitas yang masih baik di kawasan pedesaan. Sementara itu, banyak warga kota yang jarang bertemu atau berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarganya. Hal ini ternyata mempengaruhi kondisi otak dengan signifikan.

Tak hanya itu, warga kota cenderung menghabiskan pendapatannya setidaknya 30 persen lebih banyak demi membayar kebutuhan rumah. Tanpa disadari, hal ini ternyata bisa memicu stres.

SUasana-Pedesaan-B.jpgSenja di Desa (FOTO: Saravut Whanset via brilio)

Lesli Musicar, salah seorang terapi dari Toronto, Kanada, menyebutkan bahwa warga kota cenderung merasa tidak aman saat berjalan sendirian. Mereka juga tidak mudah mempercayai orang lain. Berbeda dengan orang yang tinggal di desa yang cenderung sudah mengenal satu sama lain sehingga cenderung hidup dengan lebih tenang dan nyaman.

Berdasarkan penjelasan di atas, gaji tinggi di kota besar bukan jaminan seseorang hidup bahagia. Sebaliknya, jika tinggal di desa lebih bahagia meskipun dengan penghasilan lebih sedikit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES