Peristiwa Daerah

Ganti Hari Jadi, Logo Banjarnegara Ikut Diubah

Jumat, 17 September 2021 - 21:21 | 55.31k
Pansus DPRD dengan agenda perubahan logo daerah Banjarnegara. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia)
Pansus DPRD dengan agenda perubahan logo daerah Banjarnegara. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Berubahnya hari jadi Banjarnegara dari 22 Agustus 1831 menjadi 26 Februari 1571 berimplikasi terhadap berubahnya logo daerah. Pada Jumat (17/9/2021) Pansus DPRD Banjarnegara melakukan pembahasan hal ini.

Ketua Pansus Agus Junaidi mengungkapkan, perubahan logo kabupaten menjadi otomatis dilakukan untuk menyesuaikan hari jadi Banjarnegara yang baru.

"Perubahan ini selain berbasis sejarah yang tadinya lebih Nerderlansentris, kini menjadi Indonesiasentris juga harapannya menjadi semangat baru untuk menjadi lebih baik," harap Agus.

Sementara itu Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Komisariat Banjarnegara Heni Purwono menganggap perubahan ini kesempatan untuk menjadikan logo kabupaten sebagai alat penguat identitas Banjarnegara.

"Dalam rapat tadi saya mengusulkan agar logo benar-benar baru, memiliki nuansa historis sekaligus menguatkan identitas Banjarnegara. Maka saya usulkan unsur Dawet Ayu masuk di dalamnya, karena sudah menjadi ikon dan berdiaspora ke seluruh nusantara" jelas Heni.

Kepala Bidang SMP Dindikpora Banjarnegara, Bambang Budi menyatakan setuju logo diubah dan siap mensosialosasikan kepada masyarakat, utamanya peserta didik.

Dawet Ayu kata Bambang Budi sudah menjadi muatan lokal dan efeknya sangat besar. Semua anak sekarang tahu tentang Dawet Ayu mulai dari sejarah, filosofi hingga cara membuatnya.

"Kalau ditambah dengan logo baru ini, nantinya bisa saja masuk dalam muatan lokal, untuk memperdalam pengetahuan sejarah siswa tentang daerah Banjarnegara," tandas Bambang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES