Glutera News

7 Manfaat Citrulline bagi Kesehatan

Jumat, 17 September 2021 - 13:29 | 460.63k
Image: Glutera for TIMES Indonesia.
Image: Glutera for TIMES Indonesia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Citrulline merupakan salah satu jenis asam amino dan menjadi bagian penting dari organ hati. Citrulline digunakan oleh tubuh untuk menghilangkan senyawa beracun seperti amonia. Tanpa citrulline, amonia yang merupakan limbah dari proses oksidasi tidak mungkin dikeluarkan dari hati. Citrulline banyak terkandung pada kulit dan buah semangka.

Pernahkah Anda berpikir untuk mengonsumsi kulit semangka? Sebagian besar dari Anda mungkin akan memandang aneh ide tersebut. Sebab, tentu kulitnya kerap kali dibuang dan Anda hanya makan daging buah.Namun faktanya, manfaat kulit semangka untuk kesehatan ternyata juga tidak kalah dibanding manfaat buah semangka, lho.

Kulit semangka dan bagian yang berwarna putih memang tidak mengandung air sebanyak daging buahnya, tapi bagian yang satu itu tetap bisa dimakan dan menimbulkan efek segar. Setiap 2,5 cm kotak kulit semangka mengandung 1,8 kalori yang sebagian besar merupakan karbohidrat.

Dalam jumlah yang lebih kecil, kankulit semangka mengandung berbagai nutrisi. Persentase vitamin C yang dikandung kulit semangka adalah 2 persen dari kebutuhan vitamin C harian dan vitamin B6 sebanyak 1 persen.Kandungan kulit semangka ini disebut-sebut baik untuk menyehatkan kulit dan sistem saraf manusia.

Glutera-REX.jpg

Manfaat citrulline untuk keseatan 

Bukan rahasia lagi jika kulit semangka dianggap sebagai sampah dari sisa daging buah semangka yang Anda makan. Namun, ternyata ada manfaat kulit semangka untuk kesehatan yang mungkin belum pernah Anda dengar, misalnya:

1. Meningkatkan libido

Penelitian awal menunjukkan bahwa khasiat kulit semangka adalah mengatasi masalah disfungsi ereksi tingkat ringan hingga sedang pada pria. Kulit buah semangka mengandung asam amino citrulline yang terbukti dapat meningkatkan libido.Ya, cara kerjanya kurang lebih mirip dengan obat kejantanan. Meski ini masih perlu dibuktikan secara medis, manfaat kulit semangka untuk pria yang satu ini bisa Anda coba karena ia adalah “obat kuat” alami yang relatif tanpa efek samping.

2. Meningkatkan stamina

Citrulline yang terkonsentrasi di kulit semangka juga memiliki khasiat lain, yakni meningkatkan stamina. Jadi, ini mampu membuat Anda bekerja atau berolahraga lebih lama. Sayangnya, bukti atas klaim ini masih bersifat anekdotal yang berhubungan dengan cara kerja citrulline itu sendiri.Citrulline mampu memicu pembesaran pembuluh darah sehingga kulit semangka dapat meningkatkan kelancaran peredaran darah. Jadi oksigen pun bisa beredar ke seluruh tubuh lebih lancar. Teorinya, hal ini akan membuat Anda tidak mudah lelah sehingga dapat beraktivitas lebih lama dan kuat.

3. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat kulit semangka yang mirip dengan memakan daging buahnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Lagi-lagi, hal ini datang dari kandungan citrulline di dalamnya yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.Memakan buah semangka, termasuk bagian kulitnya, juga bersifat diuretik sehingga cocok dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Cara mengonsumsinya pun mudah, Anda cukup memakan buah semangka beserta sebagian kulitnya yang sudah dicuci bersih.

4. Menyehatkan saluran cerna

Salah satu manfaat kulit semangka adalah menyehatkan saluran cerna. Sebab, kandungan kulit semangka adalah serat yang baik bagi tubuh. Dengan saluran cerna yang baik, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan proses ini, misalnya konstipasi, diare, hingga membantu mengurangi kanker usus.Selain itu, konsumsi makanan cukup serat akan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Serat juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga kulit semangka cocok dikonsumsi oleh Anda yang tengah menjalani program diet penurunan berat badan.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat kulit semangka terbukti baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, dikutip dari jurnal Nutrients, kandungan kulit semangka yang kaya akan vitamin C mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. Jadi, tubuh pun tidak mudah sakit.Cara kerja vitamin C adalah merangsang produksi sel darah putih yang berguna sebagai “tameng” untuk melawan infeksi dan patogen asing.Selain itu, vitamin C juga berguna sebagai antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas penyebab beragam penyakit. Bisa disimpulkan, salah satu manfaat kulit semangka adalah mencegah penyakit kronis, seperti kanker, katarak, dan penyakit kardiovaskular.

6. Menjaga kecantikan kulit

Manfaat kulit semangka membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti bintik-bintik hitam, kerutan, dan noda.Manfaat ini bisa Anda dapatkan karena kandungan kulit semangka terdiri dari vitamin C dan likopen yang bekerja sebagai antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas, seperti paparan sinar UV.

7. Mempercepat pertumbuhan rambut

Manfaat kulit semangka untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut. Sebab, kandungan kulit semangka yang kaya akan citrulline mampu meningkatkan kadar arginin pada tubuh. Nantinya, arginin akan diubah ke dalam bentuk nitric oxide. Kadar nitric oxide yang ideal pada tubuh membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru. Hal ini pun dipaparkan dalam riset terbitan Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery.

Selain beberapa manfaat di atas, citrulline yang terkandung di dalam semangka juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Citrulline akan melebarkan dan melemaskan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan di dalam pembuluh darah turun.

Tidak hanya itu, citrulline sebagai antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan penumpukan plak di pembuluh darah dan membuat pembuluh darah mengeras.

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES