Peristiwa Daerah

Dindukcapil Banjarnegara Kembali Lakukan Jemput Bola Perekaman KTP Elektronik

Kamis, 16 September 2021 - 21:53 | 50.90k
Dindukcapil Banjarnegara lakukan jemput bola perekaman KTP Elektronik. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)
Dindukcapil Banjarnegara lakukan jemput bola perekaman KTP Elektronik. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten atau Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah  terus melakukan jemput bola perekaman ktp elektronik.

Pada Rabu (15/9/2021) misalkan, Dindukcapil  melakukan perekaman di Desa Telaga Kecamatan Punggelan. 102 orang berhasil direkam. Mereka terdiri dari penduduk rentan, manula, difabel/ berkebutuhan khusus dan perekam pemula.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara, Tien Sumarwati S. Sos MM menyampaikan, kegiatan perekaman KTP-el terus dilakukan dalam upaya meningkatkan pelayanan khususnya dalam penuntasan pendataan penduduk rentan dokumen kependudukan. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan, sesuai pasal 2 ayat (2)  dapat dilakukan melalui layanan terintegrasi dan/atau jemput bola.

DUkcapil Banjarnegara a

Sesuai data yang ada di Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara, masih ada desa-desa diwilayah Kabupaten Banjarnegara yang warganya belum melakukan perekaman KTP-el, sehingga mereka tidak mempunyai dokumen kependudukan berupa KTP elektronik.

”Salah satu peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan adalah dengan jemput bola, sehingga diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang  belum mempunyai KTP-el," katanya dalam rilis yang diterima TIMES Indonesia, Kamis (16/9/2021). 

Mengingat KTP-el adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana (Dindukcapil) yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia berharap, dengan kepemilikan identitas KTP -el dapat memberikan kepastian dan kenyamanan kepada masyarakat apabila ada bantuan-bantuan dari pemerintah, bantuan sosial, digunakan di perbankan, BPJS, dan penerima vaksin.

DUkcapil Banjarnegara b

Tien Sumarwati juga mengajak masyarakat Banjarnegara, untuk memanfaatkan aplikasi Durenmas yang sudah sangat mempermudah dalam pengurusan data kependudukan.

Karena aplikasi Durenmas sangat praktis, dan gratis. Tidak biaya apapun untuk pengurusan dokumen kependudukan. Bahkan tidak perlu datang ke kantor Dindukcapil.

'"Warga cukup dari rumah dan print dokumen dari rumah. KK, akta, surat pindah bisa diprint sendiri dari rumah kecuali KTP elektronik masih print di Dindukcapil,” jelas Kepala Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara, Tien Sumarwati S. Sos MM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES