Ekonomi

Pemkab Majalengka Minta Setiap Kantor untuk Memanfaatkan Produk Lokal

Kamis, 16 September 2021 - 21:00 | 37.93k
Bupati Majalengka, Karna Sobahi membuka kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 tingkat Kabupaten Majalengka. (Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Bupati Majalengka, Karna Sobahi membuka kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 tingkat Kabupaten Majalengka. (Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Di tengah pandemi sekarang ini Pemkab Majalengka, terus berupaya mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, bahwa dengan didorongnya pertumbuhan pelaku UMKM, dengan harapan usaha kecil menengah dari yang sebelumnya kelas kecil menjadi menengah dan besar.

Bahkan, di masa pandemi sekarang ini, Pemkab Majalengka melalui Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM juga telah memfasilitasi para Usaha Kecil Menengah dengan memberikan bantuan modal.

Bahkan, pihaknya juga telah memfasilitasi para pedagang dengan menyiapkan tempat untuk berjualan. Seperti di skywalk, pusat jajanan taman raharja, rest area cikebo dan pusat jajanan taman ex mapolres serta gerai khusus produk UMKM dengan retail lainya.

Hal tersebut diungkapkan Karna Sobahi saat membuka kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 tingkat Kabupaten Majalengka di Lapang Tenis Setda Pemkab Majalengka, Kamis (16/9/2021).

"Saya meminta kepada para kepala dinas agar di setiap kegiatan dan dikantornya untuk menyuguhkan prodak makanan hasil lokal. Ini sebagai wujud meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kita," harap Karna Sobahi.

Selain itu, menurut Karna Sobahi, bahwa untuk mendukung peningkatan koperasi telah diterbitkan Surat Edaran (SE) Bupati Majalengka tentang gerakan penumbuhan koperasi komunitas di pedesaan sinergis dengan Bumdes.

Bahkan, kata dia, saat ini keberadaan koperasi dan sistem usaha yang dikembangkan telah banyak memberikan manfaat secara ekonomi dan membantu kehidupan perekonomian masyarakat di pedesaan.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada gerakan koperasi dengan segenap anggotanya yang telah berpartisipasi pada kegiatan gerakan koperasi peduli dampak Covid-19 dengan memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak pandemi corona," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM Kabupaten Majalengka, Sadeli menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan Koperasi dan hasil prodak UKM, sehingga mereka bisa terus berkembang.

Selain itu, dijelaskan dia, bahwa pemerintah juga terus berupaya mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Kabupaten Majalengka dengan bekerjasama dengan PD SMU dengan menjadi offtaker yang membeli produk UMKM yang ada di Kabupaten Majalengka.

"Beberapa produk unggulan yang telah difasiltasi oleh Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM yakni berupa kopi Majalengka, olahan prodak ringan, peci dan batik UMKM lainnya," jelasnya. 

Sementara itu, selain mendorong perkembangan UMKM di Majalengka, pada kesempatan tersebut, juga diserahkan sertifikat bagi 10 koperasi terbaik serta penyerahan lomba mars koperasi oleh Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, Karna Sobahi - Tarsono D Mardiana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES