Indonesia Positif

Terungkap! Misteri Mayat Tenggelam di Banyuwangi dengan Kaki Dijangkar Besi

Kamis, 16 September 2021 - 18:21 | 52.48k
Penemuan mayat tenggelam di sungai di Banyuwangi dengan kaki terikat tali dan besi. (FOTO: dokumentasi Polresta Banyuwangi)
Penemuan mayat tenggelam di sungai di Banyuwangi dengan kaki terikat tali dan besi. (FOTO: dokumentasi Polresta Banyuwangi)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Warga Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, sempat digegerkan penemuan mayat pria yang tenggelam di Dam 1 Sungai Kalisetail di Desa Sidorejo, Kecamatan Purwoharjo. Sebabnya, kaki kanan mayat tersebut terikat dengan tali berikut potongan besi besar sebagai pemberat.

Dari tanggapan netizen pada video postingan di media sosial, banyak yang menduga jika pria tersebut merupakan korban pembunuhan. Untuk menghilangkan bukti, sebuah besi diikatkan di kakinya lalu kemudian diceburkan ke dalam sungai.

Setelah melakukan olah TKP dan juga memintai keterangan dari sejumlah saksi dan pihak keluarga, akhirnya polisi berhasil mengungkap penyebab kematian pria asal Desa Pesantren, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri tersebut.

Hasil forensik yang keluar, pada tubuh mayat pria tersebut tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Setelah dilakukan autopsi, baik bekas luka lebam atau goresan juga tidak ditemukan.

"Tidak ditemukan tanda kekerasan. Tidak ada luka lebam yang ada di tubuhnya (mayat)," kata Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu, Kamis (16/9/2021).

Selanjutnya, polisi telah menetapkan penyebab kematian dari mayat tersebut bukanlah akibat tindak pidana pembunuhan. Penetapan ini didasari hasil olah TKP yang diperkuat hasil autopsi dari mayat.

"Dari pengakuan teman, dia depresi karena sesuatu hal. Sehingga dia bunuh diri," jelas Kapolresta.

Menurutnya, mayat tersebut sudah dilakukan penjemputan oleh keluarga dan dibawa pulang menuju kampung halaman.

Diberitakan sebelumnya, mayat yang tewas tenggelam di sungai dengan kaki terikat besi tersebut bernama Purwanto. Informasi yang diperoleh TIMES Indonesia, pria ini datang ke Banyuwangi bersama rekannya dari Bogor.

Pria ini ditemukan tak bernyawa pada Selasa (14/9/2021) sekitar pukul 18.00 WIB. Sebelum tewas, sekitar pukul 15.00 WIB teman korban sempat mencari keberadaan korban kepada warga sekitar. Padahal, sekitar pukul 12.00 WIB korban dijumpai masih membersihkan besi pintu sungai.

Setelah dicari tidak ketemu, kemudian bersama saksi lainnya berinisiatif mencoba membuka pintu air tersebut. Dengan maksud menurunkan debit air. Akhirnya ketemu, pria ini tenggelam di dalam sungai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES