Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Percepat Capaian Target, Binda DIY Gelar Vaksinasi Covid-19 Door To Door

Kamis, 16 September 2021 - 14:57 | 19.90k
Salah satu warga sedang diperiksa tekanan darahnya sebelum divaksin (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Salah satu warga sedang diperiksa tekanan darahnya sebelum divaksin (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Untuk memastikan, setiap warga berusia di atas 12 tahun menerima vaksin, Badan Intelijen Negara Daerah DI Yogyakarta (Binda DIY) menggelar vaksinasi Covid-19 secara door to door. Kegiatan ini digelar serentak di kabupaten/kota di DIY  agar segera terbentuk kekebalan komunal.

Berdasarkan data, hingga saat ini capaian vaksin dosis kedua di DIY baru 45 persen. Agar segera terbentuk kekebalan komunal, capaian vaksin dosis kedua minimal 70 persen. Angka ini ditargetkan tercapai akhir Oktober 2021. 

vaksinasi Binda DIY 2

Kegiatan ini untuk memfasilitasi warga yang belum mendapat vaksin. Seperti lansia atau warga yang tempat tinggalnya jauh dari fasilitas kesehatan. Menggunakan data dari kepala dukuh bersama tenaga kesehatan dari Poltekes Yogyakarta, Tim mendatangi satu persatu warga untuk divaksin. 

"Setiap hari minimal 300 sasaran dapat terjaring secara door to door" jelas Staf Khusus Kabinda DIY Sugiarto di sela-sela pelaksanaan vaksinasi door to door di wilayah Kolombo Depok Sleman Kamis (16/9/2021).

Meski digelar secara door to door, namun kegiatan tetap dijalankan sesuai prosedur. Seperti skrining kesehatan dan pengecekan tekanan darah. Sehingga beberapa warga gagal divaksin karena tekanan darahnya tinggi atau memiliki penyakit yang tidak boleh divaksin. 

Ana, salah satu warga yang menerina layanan vaksinasi door to door. Merasa sangat terbantu oleh layanan ini. Sebagai ibu yang masih menyusui bayi, dirinya ingin segera mendapat vaksinasi agar memiliki kekebalan terhadap virus Covid-19.

Namun dirinya tidak dapat meninggalkan bayinya untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Juga tidak mungkin membawa bayinya ke lokasi ke lokasi vaksinasi. Sebab sangat rentan tertular penyakit. Sehingga dirinya langsung mendaftar untuk mendapat layanan Binda DIY ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES