Peristiwa Daerah

Ratusan Bakal Calon Kades di Bondowoso Mulai Jalani Verifikasi Administrasi

Kamis, 16 September 2021 - 14:12 | 65.86k
Proses verifikasi administrasi bakal calon kepala desa di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Proses verifikasi administrasi bakal calon kepala desa di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sekitar 600 bakal calon kepala desa (Bacakades) yang mencalonkan diri pada Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bondowoso mulai mengikuti proses verifikasi administrasi.

Tahapan verifikasi berkas tersebut berlangsung selama 11 hari kerja. Tepatnya sejak tanggal 13 hingga 27 September, di ruang Sabhabina kantor pemerintah daerah setempat. Proses verifikasi dilaksanakan secara bertahap karena masih pandemi Covid-19. Setiap hari dibagi tiga sesi agar tidak terjadi kerumunan.

Ketua Panitia Pilkades tingkat kabupaten, Mahfud Junaidi mengatakan, pelaksanaan verifikasi berkas tersebut sudah mendapatkan asesmen Satgas Covid-19. Menurutnya, tahapan ini dilakukan untuk memastikan kesusaian dan keabsahan data yang dilampirkan oleh pendaftar. 

Panitia Pilkades kabupaten juga melibatkan dinas terkait. Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kemenag, Dispendukcapil, Bagian Hukum dan Dinas Kesehatan.  "Yang lolos verifikasi selanjutnya persiapan untuk melaksanakan tes tulis," jelas Asisten 1 Pemkab Bondowoso tersebut. 

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bondowoso, Haeriyah Yuliati mengatakan, terdapat 100 orang lebih merupakan petahana.  "Khusus petahana juga harus melampirkan surat keterangan (SK) tak memiliki tanggungan tugas saat verifikasi," katanya.

Sementara yang mengeluarkan rekomendasi Asisten 1 Pemkab dengan dasar hasil rekomendasi Inspektorat dan camat setempat. 

Dasarnya adalah hasil audit dari Inspektorat tahun 2020, dan monitoring anggaran berjalan selama satu semester oleh camat ulai Januari sampai Juni. "Itu menjadi dasar terbitnya rekomendasi untuk pertahan," imbuhnya.

Total ada 171 desa yang tersebar di 23 kecamatan akan melaksanakan Pilkades serentak. Setelah bakal calon kepala desa di Kabupaten Bondowoso tersebut lolos tahap verifikasi administrasi. Selanjutnya mereka akan mengikuti tes tulis pada 12-14 Oktober 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES